Ayam dan Jenis-jenis Populernya

Ayam adalah hewan unggas yang pada umumnya termasuk kategori hewan peliharaan. Asal usul dari hewan yang tergolong adaptif ini berasal dari spesies Ayam hutan merah (G. gallus) atau merupakan subspesies dari spesies tersebut yang sudah tidak memiliki kemampuan untuk terbang. Hewan yang juga dapat dikawin silangkan ini memiliki beberapa kategori atau jenis dengan tujuan yang berbeda.

Ayam dan Jenis-jenis Populernya

Konsumsi
Ayam broiler

Bersama dengan sapi, daging ayam merupakan jenis pangan utama yang dikonsumsi oleh manusia. Adalah jenis Ayam broiler yang merupakan hasil perkawinan silang dengan sistem berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan ayam yamng memiliki kecepatan dalam pertumbuhannya, yaitu sekitar empat hingga lima minggu ayam sudah dapat dipasarkan atau dikonsumsi. Permintaan pasar terhadap daging ayam telah membuat banyaknya peternakan-peternakan Ayam yang disebut juga Ayam ras pedaging ini. Tidak sedikit perusahaan tersebut merupakan perusahaan besar yang memiliki karyawan ratusan hingga ribuan, sistem usaha kemitraan juga banyak dijalankan disektor ini. Selain dagingnya, telur Ayam pun termasuk kedalam pangan yang memiliki angka tinggi dalam hal permintaan pasar.

Ayam broiler yang beredar dipasaran memiliki banyak strainnya, antara lain Tegel 70, Super 77, ISA, Kim cross, Lohman 202, Hyline, Vdett, Missouri, Hubbard, Shaver Starbro, Pilch, Yabro, Goto, Arbor arcres, Indian river, Hybro, Hypeco-Broiler, Cornish, Brahma, Langshans, Ross, Tatum, Marshall”m”, Euribrid, A.A 70, CP 707, Sussex, Bromo, dan H&N.

Hobi
Beberapa jenis Ayam dijadikan sebagai hewan peliharaan atau dipelihara karena hobi, berikut beberapa jenis Ayam peliharaan yang paling banyak digemari:

Sabung Ayam
Ayam sabung atau Ayam aduan

Disebut juga Ayam sabung, ayam Bangkok, ayam laga, ayam Siam, ayam baik atau ayam adu atau dalam bahasa Inggris Cockfight adalah berbagai jenis ayam bekisar jantan yang cocok atau dapat bertarung dengan ayam lainnya. Ajang pertarungan ayam telah ada sejak ratusan tahun lalu bahkan mungkin ribuan tahun lalu. Di beberapa negara aktivitas hobi ini seolah sudah menjadi sebuah tradisi warisan seperti di Indonesia, India, Irak, Pakistan, Jepang dan Filipina untuk kawasan asia, populer juga di negara-negara kawasan Amerika seperti Brazil, Kuba, Meksiko, dan Peru.

Ayam Pelung

Ayam ras ayam lokal dari daerah kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini termasuk ayam unggulan yang memiliki banderol harga cukup tinggi karena memiliki kokokan suara yang panjang dengan nada khas. Jika jenis ayam lain dipilih dari penampilan fisiknya saja, sama halnya ayam ketawa dan ayam Berg, suara menjadi ukuran utama kualitas Ayam Pelung.

Ayam Ketawa

Ayam yang juga disebut sebagai ayam jantan dari timur atau Manu Gaga ini merupakan ayam asli kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan. Karena keberadaannya telah menjadi langka dan hampir punah, ayam ketawa termasuk kategori unggas yang dilindungi. Ayam yang menjadi simbol status sosial yang menggambarkan tentang kesuksesan, keberanian ini dahulu hanya dipelihara oleh para bangsawan Bugis saja. Jantan dari ayam yang kokokannya mirip dengan suara manusia ini disebut Lai, sedangkan betina ayam ketawa betina disebut Birang.

Ayam Serama

Ayam yang berasal dari hasil kawin silang jenis ayam kate yang dilakukan oleh pebudidaya di Malaysia pada tahun 1971. Kini, ras ayam terkecil di dunia ini telah banyak diminati hingga diluar wilayah negara malaysia termasuk di Indonesia dan Amerika serikat hingga Inggris. Ayam yang berat tubuhnya tidak lebih dari 500g (0,5kg) ini memiliki bentuk tubuh tegak dengan dada membusung yang menjadikan posisi sayap tegak lurus sehingga bulu sayap tersebut dapat bersentuhan dengan tanah atau lantai.

Ayam Cemani

Ayam yang pada zaman dahulu dijadikan sebagai alat ritual yang berkaitan dengan mistis ini merupakan ras ayam lokal yang dikembangkan di Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Temanggung, dan Desa Kalikuto, Kecamatan Grabag, Magelang. Ayam yang terkenal memiliki warna tubuh hitam pekat ini juga dikenal sebagai Ayam Kedu. Beberapa kalangan masih mempercayai dan menghubungkan ayam cemani dengan gaib dan hal tersebut menjadi alasan kenapa ayam cemani tidak boleh dimakan atau di konsumsi.


Klasifikasi
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoGalliformes
FamiliPhasianidae
GenusGallus
SpesiesG. gallus
SubspesiesG. g. domesticus
Nama trinomialGallus gallus domesticus (Linnaeus, 1758)