Skip to main content

3 Macam Jenis Spesies Ikan Hias Discus

Ikan Discus adalah ikan hias air tawar yang berasal dari lembah sungai Amazon. Memiliki banyak varian corak warna terang dengan bentuk tubuhnya nya tipis, membuat spesies ikan dari kelompok cichlid ini terlihat cantik dan menawan. Hal tersebut menjadikan ikan discus masuk kedalam salah satu golongan ikan hias air tawar yang banyak digemari para pecinta ikan hias, terutama di Asia.

Ikan Discus memiliki ciri khas sirip belakang yang menonjol seolah bentuk badan berbentuk bulat, Hal tersebut menjadi alasan ikan yang dapat tumbuh hingga panjang 20 sampai 25cm ini dinamakan Discus (cakram). Berikut klasifikasi ilmiah ikan yang menjadi penghias aquarium air tawar ini.

3 Macam Jenis Spesies Ikan Hias Discus

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderCichliformes
FamilyCichlidae
TribeHeroini
GenusSymphysodon (Heckel, 1840)


Spesies Ikan Discus S. aequifasciatus
Spesies Ikan Discus S. aequifasciatus1
Binomial nameSymphysodon aequifasciatus (Pellegrin, 1904)
SynonymsSymphysodon discus var. aequifasciata (Pellegrin, 1904) Symphysodon aequifasciatus aequifasciatus (Pellegrin, 1904) Symphysodon aequifasciata haraldi (L. P. Schultz, 1960) Symphysodon haraldi (L. P. Schultz, 1960) Symphysodon aequifasciata axelrodi (L. P. Schultz, 1960) Symphysodon axelrodi (L. P. Schultz, 1960)
Spesies ikan discus yang berasal dari sungai di bagian timur dan tengah Amazon Basin hilir ini cenderung menyukai kondisi lingkukangan dengan suhu tinggi antara 25-32 ° C (77–90 ° F) dengan pH 5,2-7,7. Jenis ikan yang diklaim dapat tumbuh hingga panjang 23cm (9 inci) dikenal juga dengan nama blue discus atau brown discus (discus biru, discus cokelat).


Spesies Ikan Discus S. discus
Spesies Ikan Discus S. discus
Binomial nameSymphysodon discus (Heckel, 1840)
SynonymsSymphysodon discus (willischwartzi W. E. Burgess, 1981)
Ikan Discus yang dapat tumbuh hingga panjang sekitar 12cm ini merupakan spesies cichlid asli Lembah Amazon, seperti di Rio Negro bagian bawah, Uatumã bagian atas, Abacaxis, Nhamundá dan Trombetas. Spesies ikan hias yang banyak di perdagangkan / dijual di toko aquarium ini menyukai lingkungan hidup bersuhu 26-32 ° C (79–90 ° F) ber-pH rendah 4.2–5.2 dan lebih dikenal dengan sebutan nama Red discus(ikan discus merah) atau Heckel discus.


Spesies Ikan Discus S. tarzoo
Spesies Ikan Discus S. tarzoo
Binomial nameSymphysodon tarzoo (Lyons, 1959)
Spesies ikan discus jenis ini dikenal juga dengan nama Green discus atau Discus hijau. Ikan discus yang dapat tumbuh hingga 13.2cm (5.2 in) ini berasal dari hulu Amazon dan sungai Nanai, yang membuat ikan ini disebut juga dengan nama Nanay Discus.Mereka lebih menyukai lingkungan hidup bersuhu tinggi antara 27–30 ° C (81–86 ° F) dengan pH rendah kisaran 4,8-5,9.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar