Skip to main content

Dinosaurus || Sudut Ilmiah

Dinosaurus adalah suatu kelompok hewan purbakala yang muncul pada periode Trias atau sekitar 230 juta tahun yang lalu, dari klad Dinosauria. Kehidupan Dinosaurus dimulai sejak periode Jura atau pada sekitar 201 juta tahun yang lalu hingga berakhirnya periode Kapur pada 65 juta tahun yang lalu dan kemudian mereka musnah akibat peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen sebelum Era Mesozoikum.

Dinosaurus || Sudut Ilmiah || Cianjur Update


Peristiwa Kepunahan Kapur–Paleogen
Peristiwa Kepunahan Kapur–Paleogen

Peristiwa kepunahan Kapur-Tersier (bahasa Inggris: Cretaceous–Tertiary extinction event) yang terjadi sekitar 65,6 juta tahun lalu adalah peristiwa terjadinya kepunahan massal spesies hewan dan tumbuhan secara besar-besaran dalam masa waktu periode geologis yang singkat. Peristiwa ini sering disingkat sebagai peristiwa kepunahan K-T dan diasosiasikan dengan keberadaan tanda geologis batas K-T. Batas K-T ini berupa lapisan tipis pada sedimentasi di berbagai bagian dunia. Peristiwa ini menandai berakhirnya era Mesozoikum dan bermulanya era Senozoikum. Oleh karena kata "Tersier" tidak disarankan untuk digunakan sebagai satuan batuan ataupun nama periode oleh International Commission on Stratigraphy, peristiwa K-T ini sekarang disebut sebagai Peristiwa kepunahan Kapur–Paleogen (atau K–Pg) oleh banyak peneliti. Bagi para ilmuwan, penyebab kepunahan antara lain, tumbukan meteorit di Mexico, letusan gunung berapi raksasa di India,dan jatuhnya ketinggian laut secara drastis. (Wikipedia)

Studi terhadap fosil dinosaurus menunjukkan bahwa spesies burung berevolusi dari dinosaurus theropoda selama periode Jura, dan akibatnya, ribuan jenis burung yang hidup sekarang telah diklasifikasikan sebagai sub-kelompok dinosaurus oleh para paleontolog. Beberapa burung yang selamat dari kepunahan 66 juta tahun yang lalu beserta keturunannya melanjutkan keberlangsungan hidup dinosaurus sampai sekarang.

Berikut beberapa macam jenis Dinosaurus paling populer:

Ankylosaurus
Ankylosaurus

Ankylosaurus adalah salah satu jenis dinosaurus yang memiliki bentuk kulit mirip buaya, namun tentunya kulit yang dimiliki dinosaurus yang memiliki panjang maksimal hingga 10 meter ini lebih keras dan duri-durinya lebih panjang.


Archaeopteryx
Archaeopteryx

Archaeopteryx adalah dinosaurus yang memiliki sayap atau dinosaurus jenis burung.


Liopleurodon
Liopleurodon

Liopleurodon adalah dinosaurus jenis reftil laut yang memiliki panjang hingga 25 meter. Karnivora ini menjadi hewan terbuas yang pernah menghuni lautan.


Pterodactyl
Pterodactyl

Pterodactyl adalah jenis dinosaurus bersayap yang memiliki ukuran tubuh besar untuk golongan binatang terbang yaitu sekitar 2 meter dengan lebar sayap sekitar 5 meter.


Sauropoda
Sauropoda

Sauropoda adalah dinosaurus pemakan tumbuhan yang memiliki tubuh besar, panjang Sauropoda dapat mencapai 34 meter.


Stegosaurus
Stegosaurus

Stegosaurus adalah dinosaurus yang memiliki khas tubuh dengan dua baris, hal tersebut berkaitan dengan namanya Stegosaurus yang berarti kadal beratap.


Suchomimus
Suchomimus

Suchomimus adalah dinosaurus yang memiliki bobot sekitar 5,2 ton dengan panjang hingga 11 meter. Dinosaurus yang berasal dari afrika ini memiliki tengkorak menyerupai buaya.


Triceratops
Triceratops

Triceratops adalah dinosaurus yang memiliki ciri khusus, yaitu terdapat 3 buah tanduk pada kepalanya. Nama Triceratops berasal dari bahasa Yunani yang berarti tiga tanduk.


Tyrannosaurus Rex
Tyrannosaurus Rex

Tyrannosaurus Rex adalah jenis dinosaurus yang dikenal terbuas. Panjang tubuhnya mencapai 12 meter dan berat badannya dapat mencapai 7 ton.


Velociraptor
Velociraptor

Velociraptor adalah merupakan salah satu jenis dinosaurus kecil dengan panjang sekitar 1,5 meter dan berat badan 7-14 kilogram. Fosil velociraptor pernah ditemukan di Mongolia, Rusia, dan Cina.


Klasifikasi ilmiah Dinosaurus:
Kingdom: Animalia > Phylum: Chordata > clade: Dinosauriformes > Dinosauria (Owen, 1842).

Img: Google Images
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar