Skip to main content

BERUANG, Asal usul dan jenis - jenisnya

Beruang adalah hewan buas yang memiliki cakar tajam dan berbulu tebal. Mamalia karnivora yang dapat berdiri dengan kedua kakinya ini secara ilmiah merupakan sebuah keluarga binatang yang bernama Ursidae.

Hewan yang memiliki indra pengelihatan cenderung mirip dengan manusia ini mempunyai indra pendengaran dan indra penciuman yang sangat baik. Kelebihannya tersebut sangat membantu beruang dalam mencari mangsa, selain itu beruang memiliki cakar-cakarnya yang lebar dan tajam yang mampu merobek-robek mangsanya, kekuatan cakar-cakarnya tersebut juga sering digunakan untuk menggali. Cakar-cakar tersebut terdapat pada 4 telapak kaki dan tangannya, masing-masing telapak memiliki 5 cakar yang terlihat panjang.

BERUANG, Asal usul dan jenis - jenisnya

Pada umumnya semua jenis beruang, ukuran jantan lebih besar dari ukuran beruang betina. Beruang dapat hidup sekitar usia 25 hingga 40 tahun, namun beruang yang menjadi hewan peliharaan yang dipelihara di kebun binatang terbukti lebih memiliki lama hidup dibanding beruang yang menjadi hewan liar yang hidup di hutan.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoCarnivora
KeluargaUrsidae (G. Fischer de Waldheim, 1817)

Berikut beberapa kelompok atau jenis beruang :

Beruang Cokelat
Beruang Cokelat atau The brown bear (Ursus arctos)
Beruang Cokelat atau The brown bear (Ursus arctos) adalah jenis beruang yang hidup di wilayah Amerika Utara dan timur Eurasia, seperti Amerika Serikat terutama sekitar Alaska, Kanada, Karpathia terutama Rumania, Slowakia, Ukraina, Polandia, Swedia, Finlandia, Balkan dan lainnya.

Bobot Beruang cokelat dapat mencapai sekitar 130–700 kg, yaitu beruang kodiak yang merupakan jenis beruang terbesar dari puluhan jenis yang termasuk kelompok beruang cokelat.


Beruang Kutub
Beruang kutub atau beruang es
Beruang kutub atau beruang es adalah jenis beruang yang hidup di wilayah benua paling utara bumi, yaitu benua Artik. Besar tubuh beruang kutub dapat mencapai 800kg dengan tinggi sekitar 2,5 meter.

Makanan utama beruang kutub adalah ikan dan anjing laut. Musim kawinan jenis beruang ini terjadi antara sekitar bulan Maret - Juni yang merupakan musim panas di Kutub Utara, dan bayi-bayi beruang kutub akan lahir pada sekitar bulan Desember hingga Januari (pada umumnya melahirkan 2 sampai 3 bayi).


Beruang Madu
Beruang madu
Beruang madu adalah jenis beruang terkecil dari semua jenis beruang yang ada pada saat ini. Jenis beruang ini hidup di kawasan Asia tenggara termasuk Indonesia. Beruang madu hidup di hutan-hutan primer, hutan sekunder dan lahan-lahan pertanian. Umumnya terlihat pohon pada ketinggian sekitar kurang lebih 5 meter dari tanah, kebiasaan beruang madu mematahkan cabang-cabang pohon atau membuatnya melengkung untuk membuat sarang. Beruang madu juga termasuk binatang yang aktif pada malam hari atau disebut juga dengan makhluk nokturnal.

Hewan omnivora ini telah menjadi simbol dari provinsi Bengkulu, Indonesia yang juga merupakan maskot dari kota Balikpapan. Di Balikpapan beruang madu dikonservasi di sebuah hutan lindung bernama Hutan Lindung Sungai Wain. fauna ini telah menjadi hewan yang dilindungi di beberapa negara.


Panda
Panda atau panda raksasa
Panda atau panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca, berarti "Kaki-kucing hitam-putih", Hanzi Sederhana: 大熊猫, Mandarin Pinyin: dà xióng māo, Hanzi Tradisional: 大熊貓) merupakan jenis beruang asli dari wilayah pegunungan Tiongkok terutama Sichuan dan Tibet.

Jenis beruang ini termasuk ke dalam spesies rentan atau termasuk hewan langka saat ini yang diakibatkan oleh kehilangan wilayah habitat serta tingkat kelahiran sangat rendah. Namun diyakini terdapat sekitar 1.600 panda masih hidup di alam. Panda Raksasa adalah lambang World Wildlife Fund (WWF), organisasi pelestarian alam.


Catatan
Sebagian besar beruang di belahan bumi utara tidak akan makan ataupun minum selama 8 bulan, dan hanya mengandalkan cadangan lemak tubuh disimpan untuk energi dan air. Banyak spesies beruang telah punah, seperti Ailurarctos lufengensis dan banyak lainnya.

Tag: Gambar binatang beruang
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar