Skip to main content

IKAN DUYUNG, Mitos Namun Ada

Ikan duyung merupakan ikan yang seringkali dijadikan cerita mitos pada sebuah dongeng mau pun film. Sering kali ikan duyung digambarkan berwujud seorang perempuan yang kakinya adalah sebuah ekor, namun hingga saat ini belum pernah teridentifikasi seekor ikan yang memiliki karakteristik tersebut.

Duyung yang telah teridentifikasi secara ilmiah pada tahun 1776 oleh ahli hewan berkebangsaan Jerman yang bernama Muller, tidaklah memiliki ciri - ciri ikan duyung seperti dalam cerita - cerita yang beredar.

IKAN DUYUNG, Mitos Namun Ada

Duyung adalah mamalia laut yang banyak ditemukan di wilayah perairan Indonesia timur hingga Australia utara dan disekitar 37 negara lainnya yang berada di kawasan Indo-Pasifik. Hewan yang diyakini berevolusi dari gajah ini merupakan satu - satunya mamalia herbivora yang hidup di lautan.

Hewan pemakan rumput laut yang dapat hidup hingga usia 70 tahun ini bisa tumbuh hingga panjang lebih dari 3 meter dengan berat tubuh sekitar 420 kilogram. Duyung terbesar yang ttelah teridentifikasi memiliki panjang tubuh 4,06 meter atau 13,32 kaki dengan berat 1.016 kilogram atau 2.240 lb yang ditemukan di lepas pantai Saurashtra di India barat.

IUCN mengklasifikasikan hewan buruan selama beribu-ribu tahun karena daging dan minyaknya ini sebagai spesies hewan yang terancam. Selain ditangkap untuk dijadikan sebagai hewan konsumsi, berkurangnya populasi duyung juga diakibatkan oleh faktor alam seperti badai, parasit, serta hewan pemangsa seperti ikan hiu, paus pembunuh dan buaya.

Video Ikan Duyung

Selain Duyung yang bermakna perempuan laut, hewan yang secara ilmiah diberi nama Dugong dugon ini disebut atau dikenal juga dengan nama lembu laut, babi laut dan unta laut.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasMamalia
OrdoSirenia
FamiliDugongidae
SubfamiliDugonginae
GenusDugong
SpesiesD. dugon
Nama binomialDugong dugon (Müller, 1776)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar