Skip to main content

10 Ikan Hias Air Laut PALING Mempesona

Ikan merupakan bagian dari kelompok vertebrata Poikilotermik (hewan berdarah dingin) yang memiliki puluhan ribu macam jenis spesies yang tersebar diseluruh perairan penjuru dunia, dari genangan air hingga lautan luas, dari yang terkecil hingga terbesar, ada yang bersahabat dengan manusia ada pula yang dapat mengancam manusia.

Sebagian besar manusia adalah pemakan ikan, selain telah menjadi hidangan konsumsi utama dibeberapa negara, tidak sedikit jenis spesies ikan dijadikan sebagai ikan hias yang dipelihara di dalam aquarium mau pun kolam. Keindahan dan kecantikan dari bentuk tubuh dan warnanya dapat memberikan suasana lainnya terhadap manusia yang melihatnya.

10 Ikan Hias Air Laut Paling Mempesona
Ikan hias dibagi kedalam 2 kategori bila dibedakan dari tipe air yang menjadi lingkungan hidupnya, yaitu Ikan hias air tawar dan Ikan hias air laut. Berikut 10 ikan dari lautan yang memiliki bentuk dan warna tubuh yang mempesona.


1. Banggai Cardinalfish / Capung Ambon
Banggai Cardinalfish / Capung Ambon

Banggai Cardinalfish adalah salah satu spesies ikan kecil laut yang merupakan satu-satunya spesies ikan dari genus Pterapogon. Ikan yang memiliki ukuran panjang tubuh tidak lebih dari 8,6cm ini memakan plankton, demersal, organisme bentik hingga copepoda. Banggai Cardinalfish berasal dari Kepulauan Banggai, Indonesia dan termasuk salah satu spesies ikan berstatus terancam yang diakibatkan oleh perburuan ikan yang memiliki warna tubuh kecokelatan dengan garis-garis vertikal berwarna hitam.

Klasifikasi:
Keluarga : Apogonidae > Genus: Pterapogon > Spesies: P. Kauderni > Nama binominal: Pterapogon kauderni (Koumans, 1933).


2. Clownfish / Ikan Badut
Clownfish / Ikan Badut

Clownfish atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Ikan giru atau Ikan badut merupakan spesies - spesies ikan yang berasal dari subfamily Anemonefish. Ikan yang sebenarnya termasuk salah satu ikan hias air laut terpopuler ini memiliki 8 jenis spesies. Ukuran panjang tubuh spesies paling kecil berkisar 6cm, sementara spesies terbesar dapat tumbuh hingga 18cm. Clownfish memiliki warna tubuh bervarian, antara lain kuning keoranyean, jingga, kemerahan dan hitam. Mereka tersebar di lautan Pasifik, lautan India, Laut merah dan karang besar Australia.

Klasifikasi:
Keluarga: Pomacentridae > Subfamili: Amphiprioninae > Genera: Amphiprion (Bloch & Schneider, 1801) dan Premnas (Cuvier, 1816).


3. French Angel Fish / Injel Prancis
French Angelfish / Injel Prancis

French Angel Fish / Injel Prancis adalah angelfish besar dengan panjang sekitar 40cm dari keluarga Pomacanthidae. Spesies ikan ini dapat ditemukan di Atlantik barat dari New York dan Bahama hingga Brasil, serta di Teluk Meksiko dan Karibia, termasuk Antillen, Roatan, dan Atlantik timur dari sekitar Pulau Ascension dan St Paul's Rocks, pada kedalaman laut antara 2 dan 100m.

Klasifikasi:
Keluarga: Pomacanthidae > Genus: Pomacanthus > Species: P. paru > Nama binominal: Pomacanthus paru (Bloch, 1787).


4. Juvenile Emperer Angelfish
Juvenile Emperer Angelfish

Juvenile Emperer Angelfish adalah salah satu spesies anglefish yang berasal dari Samudra Hindia dan Pasifik, dari Laut Merah hingga Hawaii dan Kepulauan Austral. Ikan yang memiliki corak warna yang bisa disebut cantik ini termasuk ikan hias yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias.

Klasifikasi:
Keluarga: Pomacanthidae > Genus: Pomacanthus > Species: P. imperator > Nama binominal: Pomacanthus imperator (Bloch, 1787).


5. Lined Butterflyfish
Lined Butterflyfish

Lined Butterflyfish merupakan salah satu spesies ikan dari keluarga Chaetodontidae dan menjadi salah satu spesies terbesar di genus Chaetodon. Ikan yang hidup di kawasan Laut Merah hingga Afrika Selatan, timur Jepang dan Hawaii selatan ini berwarna tubuh putih, dengan bar vertikal hitam tipis yang bergabung dengan pita hitam tebal di pangkal ekor dan sirip dorsal. Sementara ekor, dorsal, dan sirip dubur berwarna kuning. Paduan corak dan warna tersebut membuat ikan yang dapat tumbuh hingga sekitar 30cm ini layak menjadi salah satu ikan hias air laut paling mempesona.

Klasifikasi:
Keluarga: Chaetodontidae > Genus: Chaetodon > Species: C. lineolatus > Nama binominal: Chaetodon lineolatus (G. Cuvier, 1831).


6. Lion Fish / Lepu
Lion Fish / Lepu

Lion Fish atau Lepu adalah sekelompok spesies ikan predator beracun yang hidup di laut dan memiliki "duri" yang merupakan bagian dari genus Pterois. Terdapat 12 jenis spesies lionfish antara lain, Andover lionfish, Spot-fin lionfish, Pterois brevipectoralis, Red Sea lionfish, Luna lionfish, Devil firefish, Frill-fin turkeyfish, Pterois paucispinula, Clear-fin lionfish, Soldier lionfish, Hawaiian turkeyfish dan Red lionfish.

Klasifikasi:
Keluarga: Scorpaenidae > Subfamily: Pteroinae > Genus: Pterois (Oken, 1817).


7. Mandarin Fish
Mandarin Fish

Mandarin fish merupakan salah satu ikan hias air laut terpopuler dan terlaris dipasaran. Ikan yang termasuk anggota keluarga dragonet kecil yang memiliki warna cerah dengan corak unik ini asli perairan Pasifik, terutama sekitar Kepulauan Ryukyu selatan menjangkau hingga Australia. Pada siang hari mandarinfish termasuk ikan yang aktif dalam mencari makan, mereka mematuk ikan mangsa kecil yang terperangkap di substrat karang.

Klasifikasi:
Keluarga: Callionymidae > Genus: Synchiropus > Species: S. splendidus > Nama binominal: Synchiropus splendidus (Herre, 1927).


8. Rainbow Parrot Fish
Rainbow Parrot Fish

Rainbow Parrotfish adalah salah satu spesies ikan penghuni terumbu karang, bakau dan padang rumput laut di perairan dangkal kedalaman 3-25m wilayah Bermuda hingga Florida selatan, Bahama dan Karibia hingga Venezuela. Ikan air asin yang dapat hidup maksimal hingga usia 16 tahun ini merupakan spesies ikan terbesar dibandingkan ikan dari anggota keluarga Scaridae lainnya, panjang tubuhnya dapat mencapai 1,2 meter dengan bobot hingga 20kg.

Klasifikasi:
Keluarga: Scaridae > Genus: Scarus > Species: S. guacamaia > Nama binominal: Scarus guacamaia (Cuvier, 1829).


9. Regal Tang / Leter Enam
Regal Tang / Leter Enam

Regal tang atau Later enam merupakan salah satu ikan hias aquarium air asin yang paling banyak diburu atau dicari oleh penggemar ikan hias air laut. Spesies surgeonfish Indo-Pasifik ini dapat ditemukan diwilayah perairan Indonesia, Filipina, Jepang, Australia, Samoa, Kaledonia Baru, Afrika Timur, dan Sri Lanka. Nama lain dari ikan yang pada umumnya berwarna ungu ini adalah palette surgeonfish, blue tang, royal blue tang, hippo tang, flagtail surgeonfish, Pacific regal blue tang dan blue surgeonfish.

Klasifikasi:
Keluarga: Acanthuridae > Genus: Paracanthurus > Species: P. hepatus > Nama binominal: Paracanthurus hepatus (Linnaeus, 1766).


10. Tigerfish / Ikan ayam-ayam
Tigerfish / Ikan ayam-ayam

Tigerfish atau Ikan ayam-ayam adalah ikan - ikan air laut yang memiliki warna cerah dari keluarga Balistidae yang memiliki anggota sekitar 40 spesies. Anggota keluarga yang memiliki ukuran tubuh paling besar adalah triggerfish batu (Pseudobalistes naufragium), panjangnya dapat mencapai 1 meter, namun pada umumnya ukuran tubuh ikan dari keluarga ini sekitar 20 hingga 50cm (8-20 inci).

Klasifikasi:
Kelas: Actinopterygii > Ordo: Tetraodontiformes > Keluarga: Balistidae (A. Risso, 1810).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar