Skip to main content

10 Ikan Dasar Laut Terdalam || Deep Sea Fish

Deep sea fish atau atau ikan yang hidup di laut terdalam atau dasaran laut hingga kedalaman lebih dari 4000 meter. Bermacam spesies ikan yang menghuni wilayah kegelapan laut tersebut dan sebagian besar dari mereka adalah hewan buta yang mencari makan bergantung pada indra lainnya yang mereka miliki, seperti kepekaan terhadap perubahan tekanan dan penciuman. Ikan yang dapat melihat umumnya memiliki tingkat sensitifitas yang baik dalam merespon cahaya bioluminescent. Mata ini bisa mencapai 100 kali lebih sensitif terhadap cahaya dari pada mata manusia.

10 Ikan Dasar Laut Terdalam || Deep Sea Fish

ANGLERFISH
ANGLERFISH

Anglerfish adalah suatu ordo ikan bertulang sejati yang bermulut besar dengan yang memiliki gigi-gigi panjang meruncing. Ordo yang bernama Lophiiformes (Garman, 1899) ini memiliki banyak spesiesnya yang pada umumnya merupakan ikan karnivora dan dapat dijumpai di Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Laut Mediterania.


BARRELEYE
BARRELEYE

Barreleye adalah suatu keluarga ikan yang yang memiliki nama ilmiah Opisthoproctidae. Ikan yang dapat mengarahkan pandangan matanya ke depan ini menghuni zona mesopelagik ke bathypelagic, sekitar kedalaman laut 400–2.500 m. Keluarga ikan yang memiliki banyak spesiesnya ini termasuk ikan yang unik, karena memiliki kepala transparan.


BLOBFISH
BLOBFISH

Blobfish adalah salah satu spesies ikan laut dalam dari keluarga Psychrolutidae yang memiliki nama ilmiah Psychrolutes marcidus (McCulloch, 1926). Ikan yang memiliki ukuran tubuh rata-rata 30cm (panjang) ini menghuni perairan dalam di lepas pantai daratan Australia dan Tasmania, serta perairan Selandia Baru pada kedalaman antara 600-1.200 meter.


BRISTLEMOUTHS
BRISTLEMOUTHS

Bristlemouths adalah salah satu keluarga ikan laut yang menghuni zona mesopelagik. Keluarga ikan yang hanya memiliki 32 spesies (teridetifikasi) ini dikenal juga dengan nama  gonostomatidae, lightfishes atau anglemouths. Bristlemouths memiliki panjang tubuh antara 3 hingga 30cm dan banyak dijumpai di Samudra Hindia, Atlantik dan Pasifik.

CHIMIERA
CHIMIERA

Chimiera adalah ikan yang memiliki tekstur tubuh lunak yang hidup dikedalaman laut hingga 2.600 meter. Chimiera diyakini merupakan kerabat dari ikan hiu yang telah berevolusi pada sekitar 400juta tahun lalu. Nama sebutan lainnya untuk ordo ikan yang memiliki nama ilmiah Chimaeriformes (Obruchev, 1953) ini adalah (adalah ghost sharks (hiu hantu), rat fish (ikan tikus), spookfish atau rabbit fish (ikan kelinci).


DRAGONFISH
DRAGONFISH

Dragonfish adalah salah satu ikan yang memiliki organ penghasil cahaya yang disebut photophores yang mendiami lautan pada kedalaman 1500 hingga 4500 meter di bawah permukaan laut. Tidak seperti ikan pada umumnya yang bertulang belakang berkembang dari kepala ke ekor, ikan yang hidup dikegelapan lautan ini berkembang sebaliknya.


FLASHLIGHT FISH
FLASHLIGHT FISH

Flashlight fish adalah ikan yang memiliki organ yang dapat menghasilkan cahaya yang disebabkan oleh bakteri bioluminescent (tepat dibawah matanya). Ikan memilikiwarna tubuh hitam dengan warna biru pada ujung sirip punggung dan ekornya ini juga dikenal dengan nama ikan Senter Twofin atau ikan Lentera.


FRILLED SHARK
FRILLED SHARK

Frilled shark (Hiu berjumbai) adalah spesies ikan hiu yang hidup pada kedalaman laut sekitar 1.500 meter dibawah permukaan laut. Ikan ovovivipar kecokelatan ini dapat tumbuh hingga panjang 2 meter. Hiu ini tercatat telah ditemukan dibanyak lokasi seperti di samudra atlantik dan pasifik, yaitu di atlantik timur di norwegia, di utara skotlandia, irlandia barat, dari perancis hingga ke maroko termasuk madeira dan luar mauritania.


FANGTOOTH
FANGTOOTH

Fangtooth adalah salah satu jenis ikan yang hidup di laut terdalam dari keluarga Anoplogastridae. Panjang ikan yang memiliki taring ini hanya dapat mencapai sekitar 16cm. Terdapat 2 spesies ikan yang berahang besar ini, antara lain:
  1. Anoplogaster brachycera (Kotlyar, 1986), yang dikenal sebagai Shorthorn fangtooth,
  2. Anoplogaster cornuta (Valenciennes, 1833), yang dikenal sebagai Common fangtooth.

VIPER FISH
VIPER FISH

Viperfish adalah spesies ikan laut dalam dari genus Chauliodus yang bergigi gigi panjang seperti jarum dan menghuni kedalaman laut hingga 4.000 m pada perairan tropis dan subtropis. Viperfish memiliki organ penghasil cahaya yang disebut photophores yang terletak di sepanjang sisi ventral tubuhnya. Setidaknya terdapat 11 spesies viperfish dan hidup di lingkungan bathypelagic yang tidak dapat diakses oleh manusia.

TAG: Ikan laut dalam, Deep seafish, Macam jenis spesie, Gambar foto
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar