Skip to main content

Sisi Unik Ikan Mola (Sunfish)

Ikan Mola atau Sunfish adalah salah satu ikan bertulang belakang yang memiliki karakteristik tubuh unik. Memiliki berat hingga mencapai 2.300kg dengan panjang tubuh (horizontal) dapat mencapai 4,3m dan vertikal 3m, ikan mola menjadi ikan terbesar dan terberat diantara spesies-spesies ikan bertulang belakang sejati.

Ikan mola hidup di berbagai belahan dunia pada perairan tropis dan beriklim sedang. Ikan yang memakan ikan kecil, larva ikan, cumi-cumi, krustasea, ubur-ubur serta jeli laut ini memiliki bentuk tubuh yang terlihat aneh, banyak orang menyamakan ikan mola dengan sebuah peluru pistol. Ikan mola memiliki sirip ekor yang membentuk setengah lingkaran, sirip punggung dan sirip anal sejajar pada vertikal yang berbentuk memanjang cenderung meruncing. Berbeda dengan sirip punggung dan anal, sirip dada ikan mola berukuran kecil dan berbentuk seperti kipas. Kulit ikan mola mengandung sejumlah besar kolagen retikulasi, tebalnya bisa sampai 7,3 cm (2,9 in) yang ditutupi oleh denticles dan lapisan lendir, meski bila disentuh terasa kasar seperti amplas.

Sisi Unik Ikan Mola (Sunfish)
Nama Mola berasal dari bahasa latin yang berarti batu, merujuk pada bentuk tubuhnya. Ikan genus mola yang berasal dari keluarga molidae ini memiliki 3 spesies, yaitu:
  1. Mola mola atau Ocean sunfish (Linnaeus, 1758)
  2. Mola ramsayi atau Southern sunfish (Giglioli, 1883)
  3. Mola tecta Hoodwinker sunfish (Nyegaard et al., 2017)

Ikan mola betina dapat menghasilkan sekitar 300 juta telur dalam sekali pemijahan. Larva ikan mola yang baru menetas hanya berukuran sekitar 2,5 mm (0,1 in) dengan beratnya sepersekian gram saja, namun saat dewasa ikan ini dapat tumbuh hingga berukuran jutaan kali lipat. Singa laut, paus pembunuh dan hiu merupakan predator yang mengancam mereka.

Hasil analisis dari data riset yang dilakukan National Genebank Cina dan A STAR Singapore menunjukkan bahwa ikan mola dan ikan buntal bernenek moyang sama dan dipisahkan oleh evolusi panjang pada sekitar 68 juta tahun yang lalu.

Ikan mola pun telah menjadi ikan konsumsi favorit dibanyak negara seperti Jepang, China, Korea, Taiwan dan negara-negara Eropa, karena daging ikan mola memiliki rasa yang enak dan lezat.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderTetraodontiformes
FamilyMolidae
GenusMola (Kölreuter, 1766)
Spesies-. Mola mola (Linnaeus, 1758)
-. Mola ramsayi (Giglioli, 1883)
-. Mola tecta (Nyegaard et al., 2017)

Video Ikan Mola mola
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar