Skip to main content

SEMUT / ANT

Semut adalah salah satu keluarga serangga yang memiliki sekitar 12.500 spesies, yaitu keluarga Formicidae. Semut berevolusi dari nenek moyangnya yang hidup di zaman Cretaceous atau sekitar 140 juta tahun yang lalu. Hewan kecil yang sebagian besar spesiesnya hidup di kawasan tropika ini semut dikenal sebagai serangga sosial.

SEMUT / ANT
Sekitar ribuan semut dalam satu koloni hidup secara teratur dalam sarangnya. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan semut ratu. Beberapa spesies hewan yang mampu mengangkat beban yang beratnya 50 kali dari berat tubuhnya ini sering kali dijumpai oleh Manusia, seperti semut hitam, semut besar, semut merah, semut api, dan semut rangrang. Terkecuali Rayap yang memiliki bentuk tubuh mirip semut ini tidak termasuk klasifikasi semut, meski pun secara umum banyak disebut sebagai semut putih.

Organ tubuh Semut

Semut (bahasa inggris: ant) terdiri atas tiga bagian pada tubuhnya yaitu kepala, dada (mesosoma) dan perut (metasoma). Hewan yang memiliki antena, kelenjar metapleural dan bagian perut kedua ini merupakan predator generalis, pemulung, dan herbivoratidak langsung yang bergantung pada simbiosis khusus dengan mikroba usus mereka untuk meningkatkan nilai gizi dari yang mereka makan. Betina dari banyak spesies diketahui mampu bereproduksi secara aseksual melalui partenogenesis thelytokous. Sekresi dari kelenjar aksesori pria di beberapa spesies dapat menyumbat alat kelamin wanita dan mencegah betina melakukan kawin ulang. Sebagian besar spesies semut memiliki sistem di mana hanya ratu dan betina tertentu yang memiliki kemampuan untuk kawin.

Klasifikasi ilmiah Semut
KingdomAnimalia
CladeEuarthropoda
ClassInsecta
OrdoHymenoptera
SuperfamilyFormicoidea
FamilyFormicidae (Latreille, 1809)
Tipe SpesiesFormica rufa (Linnaeus, 1761)

Formicidae memiliki 19 cabang keluarga antara lain, Agroecomyrmecinae, Amblyoponinae (incl. "Apomyrminae"), Aneuretinae, Brownimeciinae, Dolichoderinae, Dorylinae, Ectatomminae, Formiciinae, Formicinae, Heteroponerinae, Leptanillinae, Martialinae, Myrmeciinae (incl. "Nothomyrmeciinae"), Myrmicinae, Paraponerinae, Ponerinae, Proceratiinae, Pseudomyrmecinae, Sphecomyrminae.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar