Skip to main content

Macam Jenis ULAR, Dari Yang Mempesona Hingga Yang Membunuh

Ular adalah reftil yang tidak memiliki kaki dan bertubuh panjang. Karakteristik ular antara lain, bersisik, serta tidak memiliki telinga dan kelopak mata.

Fosil ular tertua yang pernah diketahui yaitu Eophis underwoodi, adalah ular kecil yang hidup sekitar 167 juta tahun yang lalu di wilayah daratan Inggris selatan.

Binatang yang diperkirakan telah berevolusi dari kadal terestrial sejak 174,1-163,5 juta tahun yang lalu atau pada pertengahan zaman Jurassic ini hidup di berbagai tipe lingkungan "tergantung spesiesnya", di hutan, gunung, gurun, dataran rendah, lahan pertanian, lingkungan pemukiman, hingga perairan dan lautan.

Macan Jenis ULAR, Dari Yang Mempesona Hingga Yang Membunuh
Ular merupakan hewan karnivora yang memangsa berbagai jenis hewan lebih kecil dari tubuhnya secara utuh.

Hewan yang tidak memiliki penglihatan dan pendengaran yang baik ini beraktifitas dengan mengandalkan sisik perutnya yang dapat menangkap getaran dari pergerakan manusia atau pun hewan lainnya. Selain sisik perut, lidah ular seperti sensor yang dapat menditeksi bau udara dari mahluk hidup lainnya.

Sebagian besar satwa yang di keramatkan dibeberapa kebudayaan ini berkembengbiak dengan cara bertelur. Dari kurang lebih sekitar 2.900 spesies ular, 375 spesies merupakan ular berbisa dan beracun yang memungkinkan membunuh mahluk hidup lainnya termasuk manusia. Berikut beberapa macam spesies ular:


1. Ular Kawat Ular kawat

Ular kawat adalah sebutan bagi spesies-spesies ular dari keluarga Typhlopidae yang berjumlah kurang lebih sekitar 200 spesies. Sebagian besar ular anggota keluarga Typhlopidae memiliki ukuran tubuh kecil dan menyebar di seluruh penjuru tropis dan subtropis Oseania, Asia, Afrika, Eropa selatan, dan Amerika. Secara umum ular kawat dipanggil dengan nama Blind snakes atau Thread snakes. Klasifikasi ilmiah keluarga: Typhlopidae (Merrem, 1820).


2. Ular Sanca Ular sanca

Ular sanca adalah sebutan bagi spesies-spesies ular pembelit yang tergabung dalam keluarga Pythonidae yang berjumlah kurang lebih sekitar 40 spesies. Pada umumnya ular-ular dari keluarga ini dapat hidup lama sehingga memungkinkan memilki ukuran tubuh yang sangat besar. Beberapa spesies dari keluarga yang juga disebut Phyton seringkali dihubungkan dengan mistis. Beberapa spesiesnya yang banyak dikenal seperti ular sanca kembang dan sanca bodo. Klasifikasi ilmiah keluarga: Pythonidae (Fitzinger, 1826).


3. Ular Kadut Ular kadut

Ular kadut adalah salah satu spesies ular dari keluarga Acrochordidae. Spesies ular yang banyak hidup diperairan tawar dan payau ini berasal dari sekitar India, Asia tenggara hingga Kepulauan Solomon dalam Kolam Kecil, Rawa-rawa dan muara. Nama spesies dari ular kadut adalah A. granulatus, dengan nama binomial: Acrochordus granulatus (Schneider, 1799).


4. Ular Derik Ular derik

Ular derik adalah spesies-spesies ular dari anak suku Crotalinae. Ular yang memiliki bisa beracun yang dapat merusak sel darah merah ini memiliki ekor yang terdiri dari segmen-segmen yang bisa menimbulkan suara yang keras bila digetarkan. Jenis ular yang sebagian besar spesiesnya hidup di gurun atau padang rumput kering dan sebagian kecil hidup diperairan ini dikenal dengan nama Rattlesnake. Klasifikasi ilmiah Subfamily: Crotalinae (Oppel, 1811).


5. Ular Cobra Ular Cobra (kobra)

Ular Cobra (kobra) atau ular sendok adalah ular yang tercatat paling banyak membunuh manusia. Jenis ular yang dapat memipihkan lehernya tersebut memiliki sekitar 38 macam spesies. Jenis ular yang salah satu spesiesnya dapat tumbuh hingga panjang 5,6m ini hidup di padang rumput kering, hutan, hingga area pertanian. Ular ini lebih dikenal dengan nama Naja snake dengan klasifikasi ilmiah Genus: Naja (Laurenti, 1768).


6. Ular Laut Ular laut (Hydrophidae)

Ular laut (Hydrophidae) adalah ular-ular dari subfamily Hydrophiinae yang berjumlah 9 spesies. Ular yang hidup dilautan tropis ini memiliki bisa yang sangat mematikan hingga berpuluh kali lipat lebih kuat dari bisa ular cobra. Klasifikasi ilmiah subfamili: Hydrophiinae (Smith, 1926).


7. Anaconda Anaconda

Anaconda adalah sekelompok ular besar dari genus Eunectes yang berasal dari kawasan tropis Amerika selatan. Empat spesies saat ini diakui antara lain:
  1. Anaconda hijau, Eunectes murinus (Linnaeus, 1758)
  2. Anaconda kuning, Eunectes notaeus (Cope, 1862)
  3. Darkly-spotted anaconda, Eunectes deschauenseei (Dunn & Conant, 1936)
  4. Bolivian anaconda, Eunectes beniensis (Dirksen, 2002)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar