Skip to main content

Macam Jenis Kucing Dan Asal Usulnya

Kucing adalah hewan berkumis dan berkaki empat sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Terdapat banyak spesies dari keluarga Felidae ini yang terbagi dalam beberapa subfamily dan genus. Berbeda dengan Singa dan Harimau, meski pun masih satu keluarga dengan kucing, namun kedua hewan predator ganas tersebut berada dalam subfamily Pantherinae Genus Panthera. Meskipun berbeda spesies, jenis kucing seperti kucing hutan dan kucing gurun berada dalam kelompok subfamily dan genus yang sama dengan kucing pada umumnya (kucing peliharaan), yaitu subfamily Felinae, genus Felis.

Kucing domestik atau kucing peliharaan atau kucing rumahan atau kucing yang berbaur dalam lingkungan yang sama dengan Manusia, secara ilmiah di klasifikasikan sebagai spesies F. catus dengan nama binomial Felis catus (Linnaeus, 1758) dari genus Felis. Berikut spesies-spesies kucing dari genus felis:

Macam Jenis Kucing Dan Asal Usulnya
Kucing Afrika
African wildcat

Spesies: F.lybica (Forster, 1780)

Berasal dari: Afrika, Asia Tengah, India, Cina barat dan Mongolia
Kucing belang
Black-footed cat

Spesies: F.nigripes (Burchell, 1824)

Berasal dari: Afrika Selatan, Namibia dan Zimbabwe
Kucing Gunung Cina
Chinese mountain cat

Spesies: F.bieti (Milne-Edwards, 1892)

Berasal dari: Dataran tinggi Tibet
Kucing Peliharaan - rumah
Domestic cat

Spesies: F.catus (Linnaeus, 1758)

Merupakan spesies kucing yang berbaur dengan lingkungan Manusia
Kucing Eropa - salju
European wildcat

Spesies: F.silvestris (Schreber, 1777)

Berasal dari: Kawasan Benua Eropa
Kucing Liar - hutan
Jungle cat

Spesies: F.chaus (Güldenstädt, 1776)

Berasal dari: Mesir, Timur tengah, India, Asia tengah, Asia tenggara, Sri lanka dan Cina selatan
Kucing Kecil
Sand cat

Spesies: F.margarita (Loche, 1858)

Berasal dari: Afrika utara dan barat daya dan Asia Tengah

Termasuk salah satu hewan peliharaan terpopuler, kucing di yakini telah berbaur sosial dengan Manusia sejak sekitar 6000 tahun sebelum masehi. Terdapat bukti catatan tentang usaha domestikasi kucing pada sekitar tahun 4000 SM di Mesir, ketika kucing digunakan untuk menjaga toko bahan pangan dari serangan tikus. dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi yang menghasil kan ras (breed) kucing seperti kucing Persia, siam, manx, dan sphinx. Dari keseluruhan jumlah kucing di dunia hanya terdapat sekitar 1% kucing ras, sisanya merupakan kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.


Berikut beberapa ras dan foto kucing:

Kucing Anggora / Kucing Turki Kucing Anggora - Turki

Kucing Anggora adalah ras kucing yang berasal dari Turki. Kucing yang juga dikenal dengan nama Kucing Ankara atau secara internasional disebut Turkish Angora ini merupakan ras kucing tertua di dunia.

Karakteristik serta ciri khas kucing yang lucu ini yaitu, berbulu panjang yang membuatnya terlihat indah dan elegan, hidung lebih panjang dari jenis kucing lainnya, bentuk kepala cenderung segitiga, memiliki telinga dan ekornya panjang mengembang.

Harga kucing angora tergolong mahal, terutama jenis kucing anggora putih. Anggora dengan warna bulu putih telah diakui oleh organisasi kucing bernama Cat Fanciers' Association (CFA) dan telah mendapatkan kelas tersendiri dalam kejuaraan tahunan Internasional.

Hingga saat ini belum diketahui pasti tentang asal usul kucing anggora, meski beberapa pihak meyakini ras kucing yang telah berabad-abad lamanya mengalami seleksi alam di daerah pegunungan Ankara ini berasal dari garis keturunan kucing liar Afrika.

Kucing Anggora termasuk kucing yang selalu terlihat bugar dan sehat karena jenis kucing yang ini termasuk kategori kucing yang aktif, senang bermain, energik, berisik, namun termasuk kucing penurut.


Kucing Persia Kucing Persia Cantik

Kucing Persia adalah ras kucing dikembangkan di Britania Raya dan Amerika Serikat usai Perang Dunia II. Namun jenis kucing seperti ini ditemukan juga di wilayah Iran (persia), oleh sebab itu kucing yang berbulu panjang dengan karakter wajah bulat dan moncong pendek ini dinamai Kucing Persia. Kucing yang memiliki bentuk tubuh gemuk dan wajah cenderung datar ini memiliki beberapa jenis, seperti:
  • Persia hidung datar, jenis kucing ini berwajah bulat, berpipinya tembem yang membuatnya terlihat unik dan lucu,
  • Persia medium, jenis kucing ini berbulu tidak terlalu panjang, dan hidungnya pun tidak terlalu pesek (standar kucing),
  • Persia hidung pesek, termasuk jenis kucing kontes yang berbadan besar dengan hidung pesek,
  • Persia himalaya, jenis kucing ini hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing siam, kucing ini bukan kucing pemalas.


Kucing Himalaya / Kucing Persia titik warna Kucing Himalaya Lucu

Kucing Himalaya adalah salah satu ras kucing domestik yang berasal dari hasil persilangan antara ras persia dengan ras siam. Kucing yang bertubuh gemuk, besar, dan bulat dengan kaki yang pendek ini merupakan kucing yang tidak mudah terserang penyakit. Kucing eksotis ini tergolong kucing yang cerdas, tenang, lembut, komunikatif dan tidak suka bermalas-malasan.


Kucing Siam Kucing Siam Thailand

Kucing Siam adalah ras kucing yang memiliki tubuh ramping, memiliki kaki dan ekor yang panjang, dan mata berwarna kebiruan. Kucing yang berasal dari Thailand (siam) ini merupakan ras kucing pertama yang diakui sebagai kucing berjenis oriental. Kucing yang memiliki karakter rasa ingin tahu yang tinggidan lincah ini termasuk kucing yang mudah beradaptasi, sehingga dapat tinggal bersama hewan lainnya.


Don Sphynx Kucing Serem Aneh

Kucing Don Sphynx adalah ras kucing tanpa bulu yang berasal dari Rusia. Ras kucing yang mengalami mutasi genetik alami ini mirip dengan ras kucing sfinks. Karena tidak ada hubungannya sama sekali dengan ras sfinks, maka dari itu ras kucing yang berfisik aneh ini disebut Don Sphynx.


Kucing Sfinks Kucing Tanpa Bulu

Kucing Sfinks adalah sebuah ras kucing hasil rekayasa genetik yang membuatnya seperti tidak memiliki bulu, meski pun apa bila dilihat secara teliti kucing ini memiliki sedikit bulu pendek. Meski pun tidak memiliki bulu seperti pada umumnya kucing, namun kucing yang berasal dari Kanada ini memiliki tingkat kesehatan yang cukup baik meski harus diberikan imunisasi untuk mencegah beberapa penyakit menular yang biasa menjangkit kucing yang di karenakan faktor fisiknya, yaitu kekurangan bulu.

Kucing yang secara Internasional disebut Sphynx cat ini memiliki ukuran badan sedang dan tegap, kepalanya berbentuk segitiga dan lebih panjang jika dibandingkan dengan lebarnya, tulang bagian pipi menonjol, berhidungnya pendek , hanya memiliki sedikit kumis dengan ukuran pendek bahkan terkadang sama sekali tidak memiliki kumis. Khas lainnya seperti telinganya yang panjang lebar dengan terlihat melotot, memberikan aura tersendiri, mungkin bernuansa mistis atau klasik dari kucing yang di Indonesia memiliki bandrol harga berpuluh juta rupiah ini.


Selain jenis-jenis ras kucing yang telah disebutkan, masih terdapat beberapa ras kucing lainnya seperti Ocicat, Manx, Maine Coon, British Shorthair, Burmese, Chinchilla Longhair dan lainnya.

Hewan yang umumnya memiliki kebiasaan atau prilaku seperti mencakar-cakar benda, mendengkur dan menggeliat ini dikelompokan juga berdasarkan kategori warnanya, antara lain:
  • Telon atau calico, memiliki warna dasar putih dengan bercak warna hitam atau oranye (atau biru atau krem),
  • Tortoiseshell (tortie), memiliki warna hitam dengan warna oranye dan putih tersebar di seluruh tubuhnya,
  • Tabby, memiliki corak warna bergaris dengan bermacam pola,
  • Maltese, adalah kucing berwarna biru (abu-abu),
  • Bicolor, disebut juga tuxedo cat atau jellicle cat karena memiliki 2 warna (hitam dan sedikit warna putih),
  • Calimanco, terdapat warna orange dan hitam pada tubuhnya,
  • Clouded tiger, memiliki corak menyerupai harimau.


Klasifikasi Ilmiah
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoCarnivora
FamiliFelidae
SubfamiliFelinae
GenusFelis
SpesiesF.Catus (Linnaeus, 1758)
F.Chaus (Güldenstädt, 1776)
F.Silvestris (Schreber, 1777)
F.Lybica (Forster, 1780)
F.Nigripes (Burchell, 1824)
F.Margarita (Loche, 1858)
F.Bieti (Milne-Edwards, 1892)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar