Skip to main content

IGUANA (Spesies-spesies)

Iguana adalah salah satu binatang yang benyak dijadikan sebagai hewan peliharaan yang memiliki harga jual cukup mahal. Sejenis kadal yang hidup di wilayah tropis kawasan Amerika Tengah, Amerika Selatan, serta Karibia ini memiliki lipatan kulit pada begian bawah rahangnya, serta terdapat sekumpulan kulit yang berderet di punggungnya menyerupai duri. Selain memiliki tuberculate scale, hewan yang dapat menyatu dengan warna lingkungannya ini memiliki selubung subtimpani, yaitu sisik besar bundar di pipinya.

Iguana termasuk binatang yang memiliki indra penglihatan yang baik. Kemampuannya dalam melihat pergerakan, warna dan bentuk sesuatu dari jarak jauh digunakannya untuk mendapatkan makanan dan media komunikasi diantara hewan pemakan tumbuhan ini (herbivora). Iguana memiliki 2 jenis spesies, antara lain:

IGUANA (Spesies-spesies)

1. Iguana hijau (Iguana iguana)
Iguana hijau (Iguana iguana) green iguana
Juvenile, Grand Cayman @wikipedia

Iguana hijau (Iguana iguana) atau The green iguana adalah spesies kadal Iguana besar yang sebagian besar hidupnya berada dipepohonan (arboreal). Hewan yang sebagian besar merupakan herbivora ini berasal dari Brasil selatan, Paraguay, utara Meksiko, Kepulauan Karibia dan Puerto Riko dan menginfasif beberapa kawasan Amerika Serikat seperti Florida Selatan (termasuk Florida Keys), Hawaii, Kepulauan Virgin dan Rio Grande Valley of Texas.

Hewan yang bersifat tenang dan memiliki warna-warna cerah ini telah banyak dibudidayakan dan telah menjadi salah satu hewan peliharaan favorit. Hewan yang dapat tumbuh hingga panjang mencapai lebih dari 2 meter (6,6 kaki) dengan berat badan lebih dari 20 pon (9,1 kg) ini memiliki ciri antaralain, jantan memiliki pori-pori femoralis yang lebih besar dari betina di bagian bawah paha mereka yang dapat mengeluarkan aroma. Duri punggung yang berjalan di sepanjang punggung iguana hijau jantan lebih panjang dan lebih tebal dibandingkan betina, dan spesies ini cenderung dimorfik secara seksual. Iguana hijau betina dapat bertelur 20 hingga 71 dalam satu tahun selama periode bersarang yang disinkronkan.

Klasifikasi ilmiah:
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassReptilia
OrderSquamata
SuborderIguania
FamilyIguanidae
GenusIguana
SpeciesI.iguana
Nama binominalIguana iguana (Linnaeus, 1758)
Iguana hijau jantan
Iguana hijau jantan
Iguana berwarna hijau kekuningan
Iguana berwarna hijau kekuningan
Di Taman Nasional Palo Verde, Kosta Rika
Di Taman Nasional Palo Verde, Kosta Rika

2. Iguana Antilles Kecil (I.delicatissima)
Iguana Antilles Kecil - Lesser Antillean Iguana / Delicatissima
The Lesser Antillean Iguana @Jonathan Beilby

Iguana antilles kecil (I.delicatissima) atau Lesser antillean iguana adalah salah satu dari 2 jenis spesies iguana, berbeda dengan spesies iguana hijau yang memiliki karakteristik tenang dan cenderung herbivora, spesies iguana antilles kecil ini merupakan hewan pemburu atau predator liar yang dikenal sebagai perusak habitat. Karakteristik Iguana antilles kecil terlihat monoton (kuno) dengan sisiknya yang berwarna pucat, pada jantan rahangnya berwarna merah muda dan terdapat sedikit sisik berwarna kebiruan di sekitar matanya. Spesies iguana yang dapat tumbuh hingga panjang 40cm (15,5 inci) dengan ekor sekitar 80cm (31,5 inci) ini hidup di semak belukar hutan, hutan hujan dan hutan bakau di seluruh kawasan Antilles Lesser di Saint Barth, Anguilla, St. Eustatius, Guadeloupe, Dominika dan Martinique.

Klasifikasi ilmiah:
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassReptilia
OrderSquamata
SuborderIguania
FamilyIguanidae
GenusIguana
SpeciesI.delicatissima
Nama binominalIguana delicatissima (Laurenti, 1768)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar