Bedanya Ikan Hiu Dengan Lumba-lumba (Jenis Spesies)

Ikan hiu dan Lumba-lumba adalah hewan yang sama-sama mendiami lautan. Meskipun terdapat banyak perbedaan, dibeberapa spesies hewan laut tersebut memiliki sedikit kemiripan dari bentuk, warna dan ukuran tubuhnya dibandingkan dengan spesies hewan laut lainnya. Meski demikian secara ilmiah kedua hewan air tersebut tidak sedikit pun memiliki hubungan kekerabatan. Hiu merupakan ikan dari Kelas Chondrichthyes, sementara lumba-lumba bukanlah seekor ikan sejati melainkan hewan mamalia air kelompok Paus (Cetacea) dari keluarga Delphinidae. Perbedaan sederhana namun paling mencolok yaitu pada ekornya, ikan hiu memilki ekor dengan posisi melebar vertikal, sementara lumba-lumba memiliki bentuk ekor khas mamalia laut melebar horizontal.

Bedanya Ikan Hiu Dengan Lumba-lumba (Jenis Spesies)

Ikan hiu vs Lumba lumba

IKAN HIU Ikan hiu Klasifikasi
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassChondrichthyes
SubclassElasmobranchii
InfraclassEuselachii
SuperorderSelachimorpha

Ikan hiu adalah sekelompok ikan vertebrata yang terdiri dari sekitar 500 spesies yang tersebar dilautan di dunia dan umumnya hidup dikedalaman sekitar 2000 meter. Ukuran tubuh dari ikan yang dilapisi kulit dermal denticles guna melindungi kulit dari parasit dan kerusakan ini sangatlah bervarian tergantung spesiesnya.
Hiu Pigmi (pygmy shark)
Hiu Pigmi (pygmy shark)
Telah teridentifikasi bahwa ikan yang terkenal sering kali menyerang Manusia ini memiliki satu anggota atau spesies yang memiliki panjang tubuh tidak lebih dari 25cm. Ikan hiu terkecil tersebut bernama Hiu Pigmi (pygmy shark), yang diberi nama ilmiah Euprotomicrus bispinatus (Quoy & Gaimard, 1824).

Hiu Paus Rhincodon typus
Hiu Paus (Rhincodon typus)
Ikan hiu terbesar di dunia bernama latin Rhincodon typus, atau seringkali disebut sebagai ikan hiu paus atau dalam bahasa Inggris Whale shark. Sama halnya dengan Mamalia Paus, spesies ikan hiu terbesar ini merupakan pemakan plankton.

hiu Greenland (Somniosus microcephalus) hiu tua
Hiu Greenland
Ikan hiu memiliki 3 cara dalam berkembangbiak tergantung spesiesnya, yaitu oviparity, viviparity dan ovoviviparity. Dari sekian banyak spesies ikan hiu, hiu Greenland (Somniosus microcephalus) merupakan spesies ikan hiu yang memiliki masa hidup paling lama, ikan hiu greenland dapat mencapai usia sekitar 200 tahun.

Hiu mako sirip pendek atau Shortfin mako shark
Hiu Mako sirip pendek
Untuk urusan berenang, Hiu mako sirip pendek atau Shortfin mako shark merupakan hiu tercepat dalam urusan berenang. Spesies tersebut memiliki nama ilmiah Isurus oxyrinchus (Rafinesque, 1810).

Hiu Banteng (Bull shark)
Hiu Banteng (Bull shark)
Ada pun hiu yang kerap kali menyerang Manusia. Dari catatan resmi 3 spesies ikan hiu yang paling banyak menyerang manusia adalah hiu banteng (Carcharhinus leucas), hiu putih (Carcharodon carcharias) dan hiu harimau (Galeocerdo cuvier).

Hiu Martil (Hammerhead shark)
Selain spesies-spesies ikan hiu yang telah disebutkan, Hiu martil atau Hammerhead shark juga merupakan jenis ikan hiu yang banyak dikenal karena keunikan pada fisiknya. Ikan hiu yang terlihat aneh ini memiliki bentuk mulut melebar, bila dilihat secara utuh dari kejauhan bentuk dari hiu martil menyerupai sebuah martil besar.

Akuarium umum di Atlanta, Georgia, AS.
Beberapa spesies ikan hiu kecil menjadi ikan peliharaan yang disimpan di aquarium pribadi. Namun di Georgia, AS terdapat sebuah aquarium besar yang dibuka untuk umum, kini aquarium umum yang dibuka pada tahun 2005 tersebut menjadi rumah bagi beberapa spesies ikan besar termasuk hiu.

Penangkapan Ikan Hiu oleh Nelayan
Penangkapan Ikan Hiu oleh Nelayan
Setiap tahun, setidaknya 100 juta hiu ditangkap oleh manusia untuk kepentingan komersil. Menjadi ikan konsumsi istimewa, ikan hiu bernilai ekonomi tinggi terutama pada bagian siripnya yang dapat mencapai harga diatas Rp 1.000.000.


LUMBA - LUMBA Lumba-lumba Klasifikasi
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassMammalia
OrdoCetartiodactylai
SubordoOdontoceti
FamilyDelphinidae

Lumba-lumba adalah salah satu hewan yang memiliki tingkat kecerdasan yang bagus. Hidup dilautan, mamalia ini dikenal sebagai hewan yang paling memiliki kemistri dengan manusia. Selain menjadi penghibur Manusia melalui pentas-pentas atraksinya yang banyak digelar diseluruh dunia, hewan yang dapat berkomunikasi dan menerima rangsang dengan sistem sonar ini dikenal suka menolong Manusia saat terdampar di lautan.

Video pentas atau atraksi Lumba-lumba

Secara ilmiah lumba-lumba di klasifikasikan sebagai kelompok Paus dari sebuah keluarga yang bernama Delphinidae dan memiliki banyak spesies yang tersebar diseluruh lautan di dunia. Nama Delphinidae berasal dari bahasa Yunani δελφίς (delphís) "dolphin", berasal dari kata δελφύς (delphus), yang berarti rahim, hal ini merujuk pada hewan laut ini yang  memiliki rahim. Sebagai mamalia, lumba-lumba menyusui anak-anaknya.

Garis keturunan bangsa Paus (Lumba-lumba)
Garis keturunan bangsa Paus (Lumba-lumba)

Lumba-lumba berasal dari mamalia darat yang telah mengalami proses evolusi panjang hingga dan sejak jutaan tahun lalu. Mamalia yang makanan utamanya cumi-cumi dan ikan lainnya ini memiliki struktur kulit yang mampu memperkecil gesekan dengan air yang berpengaruh baik pada kecepatan berenangnya.

Berikut beberapa spesies lumba-lumba
Common dolphin Lumba-lumba
Common dolphin

Panjang: 1,5 meter

Spesies: Cephalorhynchus commersonii (Lacépède, 1804)
Lumba-lumba bottlenose dolphin
Common bottlenose dolphin

Panjang: 4 meter

Spesies: Tursiops truncatus(Montagu, 1821)
Atlantic spotted dolphin - Lumba lumba atlantik
Atlantic spotted dolphin

Panjang: 2,20 meter

Spesies: Stenella frontalis (Cuvier, 1829)
Commerson's dolphin Lumba-lumba cantik
Commerson's dolphin

Panjang: 1,5 meter

Spesies: Cephalorhynchus commersonii (Lacépède, 1804)
lumba-lumba Paus pembunuh
Paus pembunuh

Panjang: 10 meter

Spesies: Orcinus orca (Linnaeus, 1758)
TAG: Macam jenis Spesies, Gambar foto, Video rekaman, Ikan hiu dan Lumba-lumba