Skip to main content

Anis Kembang VS Murai Batu.. KHAS Burung Kontes Indonesia

Anis kembang adalah salah satu spesies burung penyanyi atau burung kicaw yang paling banyak digemari oleh para pecinta atau penggemar atau orang yang memiliki hobi memelihara burung. Burung yang terkenal memiliki suara khas merdu ini berasal dari kawasan hutan di wilayah Asia tenggara. Burung Anis kembang termasuk burung monomorfik, Yaitu burung yang memiliki kemiripan bentuk tubuh antara betina dan jantan., namun dibedakan melalui bulu, mata dan kelopaknya, dan cara berdirinya.

Burung Anis kembang betina memiliki bulu yang berwarna putih pada pantatnya, dan Jantan terlihat berwarna lebih cenderung gelap dibanding betina dan terdapat corak bulu berwarna hitam yang menyerupai pola berbentuk awan. Mata anis kembang jantan terlihat lebih menonjol dibandingkan betina. Jantan cenderung berdiri dengan merapatkan kakinya dan suara jantan lebih keras dari betina.

Anis Kembang VS Murai Batu.. KHAS Burung Kontes Indonesia
Panggilan atau sebutan atau nama lain dari burung Anis kembang antara lain, Anis cacing, Punglor kembang, Chestnut-capped thrush, Geokichla interpres atau Zoothera interpres. Burung Anis kembang yang sering bersuara atau gacor, serta dengan fisik yang baik dapat dihargai hingga Jutaan Rupiah.

Klasifikasi ilmiah burung Anis kembang
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
KeluargaTurdidae
GenusZoothera
SpesiesZ. interpres
Nama binomialZoothera interpres (Temminck, 1826)
SinonimGeokichla interpres


VS


Anis Kembang VS Murai Batu.. KHAS Burung Kontes Indonesia
Murai batu atau Kucica hutan atau White-rumped shama adalah burung pengicau yang berasal dari hutan sekunder wilayah pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa. Ciri khas warna tubuh spesies burung ini adalah hitam, kecuali bagian bawah badannya yang berwarna merah cerah hingga jingga kusam, terdapat sedikit semburat biru di bagian kepala.

Perbedaan antara jantan dan betina pada spesies burung yang memiliki berat badan antara 28 dan 34 g (1,0 dan 1,2 oz) dan panjangnya sekitar 23-28 cm (9-11 in) ini dapat di lihat secara fisik, ukuran tubuh burung Murai batu jantan lebih besar di banding dengan betina, serta jantan memiliki suara yang lebih keras dan bervariasai.

Klasifikasi ilmiah burung Murai batu
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
KeluargaMuscicapidae
GenusCopsychus
SpesiesC. malabaricus
Nama binomialCopsychus malabaricus (Scopoli, 1788)
Sinonim-. Kittacincla macrura
-. Cittocincla macrura

Kedua jenis burung tersebut (Anis merah dan Murai batu) merupakan burung yang populer di Indonesia. Burung kontes tersebut merupakan 2 kategori yang tergolong utama dalam ajang perlombaan yang sering kali banyak digelar di hampir semua kota di Indonesia. Tentunya burung pemenang kontes akan mendapatkan penghargaan berupa piala dan sertifikat. Selain itu tentunya pamor atau harga burung juara akan menjadi sangat mahal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar