Skip to main content

Aneka Ragam Dan Jenis Laba - Laba

Laba-laba adalah hewan berbuku-buku atau arthropoda yang memiliki dua segmen tubuh (cephalothorax atau prosomadan dan abdomen atau opisthosoma) dan 4 pasang kaki. Binatang dari ordo Araneae tidak memiliki sayap dan mulut pengunyah. Karnivora pemakan serangga dan terkadang kanibal ini memiliki 45.800 spesies dari 114 suku laba-laba dan sekitar 200 spesies laba-laba memiliki racun yang berbahaya bagi Manusia apabila terkena serangan atau gigitannya.

Meskipun laba-laba dikenal sebagai pembuat sarang jaring sebagai perangkap untuk mendapatkan mangsa dan nyatanya semuanya laba-laba mampu menghasilkan benang sutera, yakni helaian serat protein tipis kuat dari kelenjar yang disebut spinneret, namun tidak semua jenis laba-laba menjerat mangsanya dengan cara membuat jaring.


Mata pada laba-laba umumnya merupakan mata berlensa tunggal dan hanya berfingsi untuk membedakan terang dan gelap. Binatang ini memiliki tiga jenis golongan yang dibedakan secara ilmiah berdasarkan subordo, antara lain:


Subordo Mesothelae
Subordo Mesothelae merupakan subordo laba-laba primitif tak berbisa yang memiliki ruas-ruas tubuh yang tampak jelas dan mempertahankan karakter leluhur seperti perut yang tersegmentasi dengan spinneret di tengah dan dua pasang paru-paru buku. Anggota keluarga Liphistiidae dari subordo ini adalah laba-laba sedang hingga besar dengan delapan mata dikelompokkan dalam tuberkulum. Mereka hanya ditemukan di Cina, Jepang, dan Asia Tenggara. Sebagian spesies dari Subordo Mesothelae telah punah.

Laba laba Heptathela kimurai (Kishida,1920)
Laba laba Ryuthela nishihirai (Haupt,1979)
Laba laba Ryuthela sasakii (Ono,1997)
Laba laba Ryuthela tanikawai (Ono,1997)
Heptathela kimurai (Kishida,1920)Ryuthela nishihirai (Haupt,1979)Ryuthela sasakii (Ono,1997)Ryuthela tanikawai (Ono,1997)

Mygalomorphae
Mygalomorphae adalah kelompok laba-laba yang membuat liang atau lubang ditanah sebagai jebakan bagi untuk menangkap mangsanya dan digunakan juga sebagai tempat persembunyian. Umumnya ciri khas subordo orthognatha memiliki bulu-bulu lebat pada kaki-kakinya, tarantula dan lancah maung merupakan spesies populer dari subordo ini. Sebagian besar anggotanya menghuni wilayah tropis dan subtropika, namun meluas ke utara, seperti wilayah selatan dan barat Amerika Serikat.

Laba laba Megahexura fulva (Chamberlin,1919)
Laba laba Porrhothele antipodiana (Walckenaer,1837)
Laba laba Linothele fallax (Mello-Leitao,1926)
Laba laba Missulena occatoria (Walckenaer,1805)
Megahexura fulva (Chamberlin,1919)Porrhothele antipodiana (Walckenaer,1837)Linothele fallax (Mello-Leitao,1926)Missulena occatoria (Walckenaer,1805)

Araneomorphae
Araneomorphae adalah kelompok laba-laba yang paling sering kita jumpai mengingat bahwa anggotanya terdiri dari 95 suku dan mencakup kurang lebih 94% dari semua spesies laba-laba yang ada. Kelompok laba-laba modern ini memiliki taring mengarah cenderung ke depan yang digerakkan dengan arah berlawanan seperti capit dalam menggigit dan mencabik-cabik mangsanya. namun lama masa hidup spesies-spesies laba-laba dari kelompok ini tergolong paling singkat, umumnya mereka hidup hanya sampai usia 1 tahun.

Laba-laba Eresus sandaliatus (Martini&Goeze,1778)
Laba-laba Aranea pilipes(Fabricius,1793)
Laba-laba Gasteracantha hasselti (C.L.Koch,1837)
Laba-laba Epicadus heterogaster (Guérin,1829)
Eresus sandaliatus (Martini&Goeze,1778)Aranea pilipes(Fabricius,1793)Gasteracantha hasselti (C.L.Koch,1837)Epicadus heterogaster (Guérin,1829)

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
FilumArthropoda
KelasArachnida
OrdoAraneae (Clerck, 1757)
Subordo -. Mesothelae
-. Mygalomorphae
-. Araneomorphae

Video laba-laba membuat sarang jaring
TAG: Macam jenis spesies laba-laba, Gambar foto laba-laba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar