Skip to main content

18 Jenis Serigala Yang Pernah Ada di Dunia

Serigala adalah hewan mamalia karnivora liar dari keluarga Canidae. Di beberapa daerah dan kepercayaan, binatang yang memiliki puluhan jenis spesies dan subspesies ini dipercayai berhubungan dengan suatu mitos tertentu. Salah satu spesies serigala, yaitu spesies Canis lupus merupakan cikal bakal dari spesies - spesies hewan yang kini banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan, yaitu Anjing.

Berikut beberapa macam jenis Srigala:

18 Jenis Serigala Yang Ada di Dunia

1. Canis anthus anthus (F. Cuvier, 1820)

Canis anthus anthus (F. Cuvier, 1820)

Canis anthus anthus yang lebih dikenal dengan nama serigala Senegal adalah salah satu subspesies dari spesies serigala emas Afrika. Serigala yang berasal dari negara Sinegal ini dapat tumbuh hingga tinggi hingga 38cm dengan panjang sekitar 35cm.


2. Canis anthus lupaster (Hemprich and Ehrenberg, 1833)

Srigala Mesir Afrika

Canis anthus lupaster atau Serigala Mesir, dalam bahasa Inggris: Egyptian wolf merupakan salah satu subspesies serigala dari spesies serigala emas Afrika yang berasal dari kawasan Afrika barat, timur dan utara. Berbeda dengan serigala sinegal, serigala mesir memiliki tubuh lebih besar, bentuk kepalanya cenderung melebar, berbulu tebal, kakinya lebih panjang, telinga lebih bundar dan ekor agak pendek.


3. Canis anthus soudanicus (Thomas, 1903)

Nubian Variegated wolf

Canis anthus soudanicus  atau Variegated atau the Nubian wolf merupakan salah satu subspesies serigala dari spesies serigala emas Afrika yang berasal dari Sudan dan Somalia. Subspesies serigala ini dapat tumbuh hingga tinggi 38cm dengan panjang hingga 1 meter.


4. Canis armbrusteri (J. W. Gidley, 1913)

Canis armbrusteri atau lebih dikenal sebagai Serigala Armbruster adalah salah satu spesies hewan yang berasal dari genus Canis endemik Amerika utara yang telah punah dan hidup selama masa Irvingtonian pada zaman Pleistosen.


5. Canis lycaon (Schreber, 1775)

Canis lycaon atau Serigala Kanada, Serigala merah, Serigala algonquin adalah spesies serigala yang berasal dari Amerika utara. Jenis spesies serigala ini dikenal sebagai predator bagi rusa.


6. Canis lupus albus (Kerr, 1792)

Canis lupus albus atau serigala tundra

Canis lupus albus atau Serigala tundra, juga dikenal dengan nama serigala Turukhan adalah subspesies dari spesies serigala abu-abu asli dari tundra dan zona hutan-tundra Eurasia dari Finlandia hingga Semenanjung Kamchatka. Canis lupus albus merupakan subspesies serigala besar, jantan dewasa dapat mencapai panjang sekitar 118–137 cm dengan berat 40–49 kg, sedangkan betina memiliki panjang hingga 112–136 cm dengan berat 36,6–41 kg.


7. Canis lupus filchneri (Wozencraft, 2005)

Serigala Tibet (Tibetan wolf)

Canis lupus filchneri atau Serigala Tibet (Tibetan wolf) adalah salah satu subspesies serigala abu-abu yang berasal dari dataran tinggi Tibet dan wilayah Gansu, Qinghai, Cina. Serigala ini dapat tumbuh hingga panjang sekitar 45cm dan tinggi sekitar 30cm.


8. Canis lupus hattai (Kishida, 1931)

serigala Hokkaido di Jepang

Canis lupus hattai atau Serigala Hokkaido atau di Jepang dikenal dengan nama serigala Ezo dan di Rusia disebut serigala Sakhalin adalah subspesies telah punah dari spesies serigala abu-abu yang dahulu menghini wilayah pesisir timur laut Asia. Menurut penelitian serigala yang memiliki ukuran tubuh umumnya serigala abu-abu ini secara genetik terkait dengan leluhur serigala Amerika utara.


9. Canis lupus hodophilax (Temminck, 1839)

Serigala Jepang

Canis lupus hodophilax atau Serigala Honshū atau Serigala Jepang (the Japanese wolf) adalah subspesies punah dari serigala abu-abu yang dulunya endemik di pulau Honshu, Shikoku, dan Kyushu di kepulauan Jepang. Serigala yang tingginya sekitar 55cm ini merupakan sisa-sisa generasi dari spesimen serigala yang hidup pada 28.000 tahun lalu di Sungai Yana, pantai utara Siberia Arktik dan cocok dengan mDNA haplotype.


10. Canis lupus ligoni (Goldman, 1937)

Canis lupus ligoni atau Alexander Archipelago wolf, juga dikenal dengan nama serigala Kepulauan adalah subspesies dari spesies serigala abu-abu, Canis lupus. Serigala pesisir tenggara Alaska ini mendiami daerah yang mencakup Kepulauan Alexander dan pulau-pulau sekitarnya. Subspesies srigala ini lebih kecil dari pada subspesies serigala Amerika Utara lainnya, serigala ini memiliki bobot tubuh sekitar 20kg dan memiliki warna tubuh abu-abu gelap, dengan pola warna-warna yang berbeda-beda.


11. Canis lupus lupus (Linnaeus, 1758)


Canis lupus lupus atau Eurasian wolf atau the common wolf atau Serigala hutan Rusia adalah subspesies dari serigala abu-abu asli Eropa dan hutan dan zona stepa dari bekas Uni Soviet. Subspesies ini merupakan serigala terbesar di Dunia dari spesies serigala abu-abu. Beratnya bisa mencapai hingga 69–80 kg, bulunya relatif pendek dan kasar berwarna kecoklatan dengan warna putih di sekitar tenggorokan.


12. Canis lupus minor (M. Mojsisovics, 1887)

Canis lupus minor atau Serigala Austro-Hungaria, juga disebut reedwolf adalah subspesies yang mungkin sudah punah dari spesies serigala abu-abu yang menghuni semenanjung Balkan. Status subspesies dan genusnya tidak diketahui pasti, karena hanya ada sedikit catatan terkait serigala ini.


13. Canis lupus pambasileus (Elliot, 1905)

Canis lupus pambasileus atau serigala yukon atau atau serigala Alaska pedalaman

Canis lupus pambasileus atau Serigala yukon atau atau Serigala Alaska pedalaman merupakan salah satu subspesies serigala abu-abu yang mendiami pedalaman Alaska, Amerika serikat. Serigala yang masa hidupnya sekitar dari 4 hingga 10 tahun ini memiliki tinggi rata-rata 85 cm (33,5 in) dengan berat 43 kilogram (95 lb) dan tercatat serigala terbesar dari subspesies ini dengan berat 79,4 kilogram (175 lb).


14. Canis lupus pallipes (Sykes, 1831)

Canis lupus pallipes atau Indian wolf

Canis lupus pallipes atau Indian wolf adalah salah satu subspesies serigala dari serigala abu-abu yang menghuni wilayah Asia Barat Daya hingga India. Subspesies serigala ini tidak memiliki mantel penghangat karena mereka hidup dalam kondisi yang lebih hangat. Dua haplotypes terkait erat dengan subspesies ini.


15. Canis rufus (Audubon & Bachman, 1851)

Canis rufus atau serigala merah (red wolf), juga dikenal sebagai serigala hitam Florida atau serigala Mississippi Valley

Canis rufus atau Serigala merah (red wolf), juga dikenal sebagai serigala hitam Florida atau serigala Mississippi Valley adalah sebuah canida identitas taksonomi yang berasal dari Amerika serikat bagian timur. Umumnya spesies serigala ini berwarna kemerahan dan coklat. Serigala Merah merupakan spesies terancam punah yang terdaftar sebagai spesies yang dilindungi oleh hukum negara Amerika serikat. Serigala langka ini terdaftar oleh IUCN sebagai spesies yang terancam punah sejak 1996.


16. Canis simensis (Ruppell, 1840)

Canis simensis atau serigala Etopia

Canis simensis atau Serigala Etopia adalah spesies serigala dari keluarga canidae yang menghuni Dataran Tinggi Ethiopia. Predator bagi tikus ini adalah serigala langka di dunia yang masih ada dan karnivora yang paling terancam punah di Afrika. Binatang yang hidup di ketinggian gunung antara 3.000–4.500m ini memiliki telinga yang lebar dan gigi taringnya berukuran 14–22 mm, dengan panjang tubuh sekitar 84cm hingga 1 meter dan beratnya antara 14-19kg.


17. Dusicyon australis (Kerr, 1792)

Dusicyon australis atau Serigala Kepulauan Falkland, juga dikenal sebagai warrah dan terkadang disebut anjing Kepulauan Falkland, rubah Kepulauan Falkland, atau serigala Antartika adalah mamalia asli Kepulauan Falkland. Binatang yang telah punah pada tahun 1876 ini merupakan satu-satunya spesies modern di genus Dusicyon.


18. Proteles cristata (Sparrman, 1783)

Proteles cristata atau serigala bumi atau Aardwolf

Proteles cristata atau Serigala bumi atau Aardwolf adalah spesies mamalia yang hidup di Afrika Timur dan Afrika Selatan. Carnivora ini tidak berburu hewan besar, Proteles cristata atau serigala bumi merupakan pemakan serangga kecil. Serigala nokturnal yang beristirahat pada siang hari dan mencari makan pada malam hari ini dapat memakan sekitar 250.000 ekor rayap dalam satu malam. Hewan ini merupakan hewan nokturnal yang beristirahat di liang-liang pada siang hari dan mulai berkeliaran di malam hari untuk mencari makanan. Spesies serigala yang memiliki ekor lebat ini memiliki panjang sekitar 55 hingga 80 cm (tidak termasuk ekornya), dengan tinggi sekitar 40 dan memiliki berat sekitar 7–10kg (15-22 lb).

TAG: Serigala, Gambar Serigala, Macam jenis spesies, Misteri serigala, Kepercayaan mistik serigala dan bulan purnama.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar