Skip to main content

Macam Jenis Spesies Udang atau Lobster

Udang adalah hewan atau binatang dari infraordo Caridea, ordo Decapoda. Terdapat ribuan macam jenis spesies udang yang tersebar diperairan di seluruh Dunia, baik pada air tawar, air laut maupun pada air payau dengan ukuran yang bervareatif tergantung spesiesnya (1 hingga 30 cm). Selain dari infraordo caridae ordo decapoda, terdapat beberapa spesies dari ordo lainnya yang dikategorikan sebagai udang, seperti Udang sentadu yang berasal dari ordo Stomatopoda.

Binatang yang dapat bertelur hingga 1 juta telur ini termasuk binatang air yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Selain di konsumsi oleh manusia, beberapa spesies udang banyak di perdagangkan sebagai ikan hias aquarium terutama aquarium dengan konsep alami yaitu aquascape. Lama hidup udang mencapai 1 hingga 60 tahun, tergantung jenis spesiesnya.

Macam Jenis Spesies Udang atau Lobster
Umumnya udang sangat bermanfaat bagi manusia terutama bagi sistem sirkulasi dalam tubuh. Kandungan yang terdapat pada udang antara lain omega-3 dalam jumlah besar dan kadar merkuri yang rendah, kalsium, iodium, protein dan kolesterol dalam jumlah yang signifikan, antara 122 hingga 251 mg per 100 gram.


Berikut beberapa spesies udang atau lobster:

1. Udang Vannamei

Udang Vannamei

Udang vannamei adalah spesies udang konsumsi yang berasal dari Samudra Pasifik timur, terutama Meksiko hingga perairan Peru utara (suhu air tetap di atas 20°C). Nama lain dari udang yang memiliki ketahanan tubuh yang kuat terhadap penyakit ini adalah, Whiteleg shrimp atau Pacific white shrimp atau King prawn. Pada habitatnya udang dewasa spesies ini berukuran hingga sekitar 30cm dan mendiami lautan hingga kedalaman sekitar 70 meter.

Klasifikasi ilmiah Udang Vannamei:
OrderDecapoda
FamilyPenaeidae
GenusLitopenaeus
SpeciesL. vannamei
Binomial nameLitopenaeus vannamei (Boone, 1931)
SynonymsPenaeus vannamei (Boone, 1931)

2. Udang Galah atau Macrobrachium rosenbergii

Udang Galah

Udang Galah adalah udang yang berasal dari perairan wilayah tropis dan subtropis wilayah Indo-Pasifik, mulai dari India hingga Asia Tenggara dan Australia bagian utara. Nama lain dari udang galah antara lain, freshwater scampi (India), cherabin (Australia). bara chingri in (Bangladesh), uwang atau ulang (Philippines), koong mae nam atau koong ghram gram (Thailand) dan giant river prawn atau giant freshwater prawn (Internasional). Spesies udang ini dapat tumbuh hingga panjang di atas 30 cm (12 in).

Klasifikasi ilmiah Udang Galah:
OrderDecapoda
FamilyPalaemonidae
GenusMacrobrachium
SpeciesM. rosenbergii
Binomial nameMacrobrachium rosenbergii (De Man, 1879)

3. Udang Windu atau Penaeus monodon

Udang Windu

Udang Windu adalah salah satu udang konsumsi tambak yang berasal dari kawasan Indo-Pasifik, mulai dari pantai timur Afrika dan Semenanjung Arab hingga Asia Tenggara, Samudera Pasifik, dan Australia utara. Jenis udang yang juga merupakan spesies invasif di perairan utara Teluk Meksiko dan Samudra Atlantik di selatan AS ini dapat tumbuh hingga 33 cm dengan berat maksimal 3209 (betina), sedangkan jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, yaitu maksimal 25 cm dengan berat sekitar 100 - 170g.

Klasifikasi ilmiah Udang Galah:
OrderDecapoda
FamilyPenaeidae
GenusPenaeus
SpeciesP. monodon
Binomial namePenaeus monodon (Fabricius, 1798)
SynonymsPenaeus carinatus (Dana, 1852)
Penaeus tahitensis (Heller, 1862)
Penaeus coeruleus (Stebbing, 1905)
Penaeus bubulus (Kubo, 1949)

4. Lobster cakar merah atau Cherax Quadricarinatus

Lobster cakar merah

Cherax quadricarinatus adalah spesies lobster air tawar yang termasuk salah satu lobster yang paling banyak di konsumsi Manusia. Spesies yang memiliki warna merah pada capitnya tersebut berasal dari perairan air tawar sekitar Queensland, Australia hingga Papua nugini dan menjadi spesies invasif wilayah Afrika Selatan, Zambia, Meksiko, Jamaika, Puertoriko, serta Singapura dan Indonesia. Cherax quadricarinatus memiliki ukuran rata - rata sekitar 20 - 25cm.

Klasifikasi ilmiah Lobster cakar merah:
OrderDecapoda
FamilyParastacidae
GenusCherax
SpeciesC. quadricarinatus
Binomial nameCherax quadricarinatus (Von Martens, 1868)

5. Lobster Rawa Procambarus clarkii

Lobster Rawa

Procambarus clarkii adalah spesies lobster yang berasal dari asli Meksiko bagian utara dan selatan, dan wilayah tenggara Amerika Serikat. Spesies lobster ini juga merupakan salah satu lobster yang paling banyak di konsumsi diberbagai belahan Dunia. Procambarus clarkii mendiami perairan hangat, seperti sungai yang mengalir perlahan, rawa, waduk, sistem irigasi dan sawah. Lobster yang juga sering disebut Crawfish Louisiana, udang lumpur atau udang karang ini berukuran rata - rata 6 - 12cm dengan bobot maksimal 50g.

Klasifikasi ilmiah Procambarus clarkii:
OrderDecapoda
FamilyCambaridae
GenusProcambarus
SpeciesP. clarkii
Binomial nameProcambarus clarkii (Girard, 1852)

6. Udang Sentadu Odontodactylus scyllarus

Udang Sentadu

Odontodactylus scyllarus merupakan salah satu spesies udang sentadu atau Mantis shrimps. Berbeda dengan sebagian besar spesies udang lainnya yang berasal dari ordo Decapoda, udang sentadu merupakan kelompok udang dari ordo Stomatopoda. Crustacea spesies ini memiliki bentuk tubuh, mata dan warna unik untuk disebut sebagai udang. Nama lainnya bagi spesies asli Indo-Pacific ini antara lain Peacock mantis shrimp, Harlequin mantis shrimp, Painted mantis shrimp atau Clown mantis shrimp. Udang sentadu berukuran 3 hingga 12cm.

Klasifikasi ilmiah Odontodactylus scyllarus:
OrderStomatopoda
FamilyOdontodactylidae
GenusOdontodactylus
SpeciesO. scyllarus
Binomial nameOdontodactylus scyllarus (Linnaeus, 1758)

7. Udang hias kecil Neocaridina davidi

Udang hias kecil

Neocaridina davidi adalah spesies udang kecil yang kini banyak dipelihara sebagai udang hias Aquarium (aquascape). Salah satu jenis udang yang memiliki banyak varian warna ini adalah Red Cherry Shrimp. Spesies udang yang lebih menyukai air bersih ber-pH 6,5-8 dengan suhu kisaran 15 hingga 29°C ini dapat tumbuh tidak lebih dari 4cm, meski dipasaran atau toko aquarium banyak dijual dengan ukuran sekitar 1 hingga 2cm.

Klasifikasi ilmiah Neocaridina davidi:
OrderDecapoda
FamilyAtyidae
GenusNeocaridina
SpeciesDavidi

8. Artemia Salina

Artemia salina - udang terkecil

Artemia salina merupakan salah satu spesies udang terkecil dengan ukuran tubuh dewasa tidak lebih dari 12mm. Bersama dengan spesies artemia lainnya, artemia salina diperkirakan telah tinggal di daerah Mediterania sekitar 5,5 juta tahun yang lalu. Spesies ini lebih dikenal oleh para peternak atau pembudidaya dan sebagian kalangan pecinta ikan hias kecil, karena udang ini umumnya digunakan sebagai pakan bagi burayak ikan hias kecil.

Klasifikasi ilmiah Artemia Salina:
OrderAnostraca
FamilyArtemiidae
GenusArtemia
SpeciesA. salina
Binomial nameArtemia salina (Linnaeus, 1758)
SinonimArtemia tunisiana

9. Udang laut Harlequin Shrimp (Hymenocera picta)

Udang laut

Harlequin Shrimp adalah spesies udang air asin yang banyak ditemukan di terumbu karang di Tropical Indian dan Pacific oceans. Udang yang memiliki corak warna tubuh mempesona ini bisa tumbuh hingga sekitar 5cm atau 2 inch. Karena kecantikan dan keindahan warna nya spesies yang berasal dari Hawaii Indo-Pasifik di bawah zona intertidal di terumbu karang ini banyak dijadikan sebagai udang hias aquarium air laut.

Klasifikasi ilmiah Harlequin Shrimp:
OrderDecapoda
FamilyHymenoceridae
GenusHymenocera
SpeciesH. picta
Binomial nameHymenocera picta (Dana, 1852)
SinonimHymenocera elegans (Heller, 1861)

10. Mediterranean slipper lobster

Mediterranean slipper lobster

Mediterranean slipper lobster atau Scyllarides latus adalah udang atau lobster yang hidup di substrat berbatu atau berpasir pada kedalaman laut 4-100 meter. Spesies udang dasar laut ini dapat tumbuh hingga 45cm dengan berat maksimal hingga 1,5kg. Mediterranean slipper lobster sebagian besar berasal dari pantai lautan Mediterania kecuali Laut Adriatik Utara, dapat ditemukan juga di beberapa bagian Samudera Atlantik Timur dari dekat Lisbon di Portugal selatan hingga Senegal, termasuk kepulauan Madeira, Azores, Kepulauan Selvagens dan Kepulauan Tanjung Verde.

Klasifikasi ilmiah Harlequin Shrimp:
OrderDecapoda
FamilyScyllaridae
GenusScyllarides
SpeciesS. latus
Binomial nameScyllarides latus (Latreille, 1802)
SinonimScyllarus latus (Latreille, 1802)
Pseudibacus veranyi (Guérin-Méneville, 1855)

11. Tasmanian giant freshwater crayfish

Udang Terbesar

Tasmanian giant freshwater crayfish merupakan salah satu spesies lobster air tawar raksasa dan hanya ditemukan di sungai-sungai di bawah 400 meter (1.300 kaki) di atas permukaan laut di Tasmania utara. Lobster terbesar pemakan daun dan kayu busuk ini dapat tumbuh hingga panjang 80cm dengan bobot 6kg, lama hidup spesies ini hingga usia sekitar 60 tahun.

Klasifikasi ilmiah Harlequin Shrimp:
OrderDecapoda
FamilyScyllaridae
GenusScyllarides
SpeciesS. latus
Binomial nameScyllarides latus (Latreille, 1802)
SinonimScyllarus latus (Latreille, 1802)
Pseudibacus veranyi (Guérin-Méneville, 1855)
12. Rainbow Papua Lobster

Udang Terbaru, Indonesia

Rainbow Papua lobster merupakan spesies udang atau lobster terbaru yang ditemukan pada tahun 2015 di wilayah perairan Papua, Indonesia. Spesies yang kini banyak dicari untuk dijadikan sebagai lobster hias aquarium ini memiliki ukuran tubuh rata - rata 8cm. Selain baru ditemukan, keindahan warna warna terang dari Rainbow Papua lobster ini membuat spesies tersebut termasuk udang hias termahal pada saat ini.

Klasifikasi ilmiah Rainbow Papua lobster:
OrderDecapoda
FamilyParastacidae
GenusCherax
SpeciesC. pulcher
Binomial nameCherax pulcher (Lukhaup, 2015)

13. Rhynchocinetes Durbanensis

Macam Jenis Spesies Udang atau Lobster

Rhynchocinetes durbanensis merupakan salah satu udang hias air laut yang memiliki corak warna khas bergaris - garis merah dan putih terang. Udang yang juga memiliki nama sebutan camel shrimp atau the hingebeak prawn ini berasal dari perairan indo-fasifik. Udang yang berukuran rata - rata 4cm ini mendiami cekungan dan celah di kedalaman 5 sampai 35 meter (16 sampai 115 kaki).

Klasifikasi ilmiah Rhynchocinetes Durbanensis:
OrderDecapoda
FamilyRhynchocinetidae
GenusRhynchocinetes
SpeciesR. durbanensis
Binomial nameRhynchocinetes durbanensis (Gordon, 1936)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar