Skip to main content

Ikan Paus, Mamalia Yang Hidup di Lautan..

Secara umum Paus lebih dikenal sebagai ikan terbesar yang hidup dilautan, namun sebenarnya paus adalah mamalia yang telah berevolusi. Fosil menunjukkan bahwa paus berasal dari hewan daratan berkuku, kemungkinan dari hewan seperti Mesonychid (hewan seperti serigala yang tinggal di pesisir pantai), selain Mesonychid kemungkinan hewan lain yang berubah menjadi paus, adalah Ambulocetus (mamalia seukuran anjing laut). Salah satu "evolusi" paus terawal sekitar 50 juta tahun yang lalu pada pertengahan tempo Eocene dan telah punah adalah Paus Basilosaurus yang mempunyai kepala kecil bermoncong menonjol dan bergigi. Basilosaurus mempunyai panjang 25 meter.

Ikan Paus, Mamalia Yang Hidup di Lautan
Paus dikenal memiliki 2 kelompok, antara lain:
  • Paus bergigi atau odontoceti adalah pemangsa yang memakan ikan, sotong dan mamalia laut kecil lainnya. Paus odontoceti memiliki satu lubang pernafasan dan berkerabat dekat dengan lumba-lumba dan pesut.
  • Paus tidak bergigi atau mysticeti berukuran lebih besar dari pada ikan paus bergigi dan mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton yang merupakan makanannya. Paus berbalin mempunyai dua lubang pernapasan.

Bayak jenis paus dari kedua kelompok tersebut, salah satunya yang populer adalah Paus biru. Paus yang banyak di jumpai di hampir seluruh samudra hingga awal abad ke-20 ini memiliki bentuk tubuh panjang dan ramping, bagian belakang (dorsal) berwarna abu-abu kebiruan dan bagian depan (ventral) lebih terang. Panjang paus biru mencapai lebih dari 33 meter dengan berat tubuh yang tercatat adalah sebesar 181 ton. Binatang ini diyakini merupakan hewan terbesar yang pernah diketahui.

Pada tahun 2002 terdapat sekitar 5.000 hingga 12.000 paus biru menyebar di lautan seluruh dunia yang terbagi dalam sedikitnya 5 kelompok. Sebelum berlangsungnya perburuan paus, populasi terbesar berada di Antartika, yang jumlahnya antara 202.000 hingga 311.000 ekor. Saat ini konsentrasi kelompok di Samudra Pasifik Utara bagian timur, Antartika, dan Samudra Hindia jauh lebih rendah daripada angka sebelumnya, yaitu sekitar 2.000 ekor. Di Samudra Atlantik Utara terdapat 2 kelompok dan 2 kelompok lagi di Belahan Selatan.

Sebagai mamalia ikan paus memiliki kelenjar susu yang memiliki banyak kandungan lemak. Sebagian besar paus kelompok mysticetes hidup di kutub sehingga saat proses perkawinan dan melahirkan meraka melakukan migrasi ke wilayah yang bersuhu lebih tinggi guna mencegah resiko kematian yang diakibatkan radang dingin pada bayi paus.

Tabel Evolusi Mamalia Paus
Skema Evolusi Paus - Screenshot Wikipedia

Klasifikasi ilmiah dari mamalia Paus
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassMammalia
OrderCetartiodactyla
CladeCetancodontamorpha
SuborderWhippomorpha
InfraorderCetacea
FamiliesParvorder Mysticeti:
Family Balaenidae
Family Balaenopteridae
Family Eschrichtiidae
Family Cetotheriidae
Parvorder Odontoceti:
Family Monodontidae
Family Physeteridae
Family Kogiidae
Family Ziphiidae
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar