Skip to main content

Cumi-cumi Memiliki Sekitar 300 Spesies

Cumi-cumi adalah sekelompok hewan air dari Class Cephalopoda, diambil dari bahasa Yunani yang memiliki arti "kaki kepala". Setidaknya 300 spesies cumi-cumi menyebar di perairan diseluruh Dunia. Secara umum cumi-cumi terkenal akan Tinta berwarna hitam yang terdapat pada tubuhnya yang berguna untuk melindungi diri dari bahaya atau ancaman predator. Selain menggunakan tinta, sebagian spesies hewan ini berkamuflase atau merubah warna tubuhnya dalam melindungi diri dari pemangsa. Namun ada pula cumi-cumi yang dapat memancarkan cahaya guna menangkal serangan predator.

Cumi-cumi Memiliki Sekitar 300 Spesies
Cumi-cumi memiliki tubuh bulat memanjang dan memiliki 10 tangan memanjang yang bermangkuk penghisap yang berguna untuk menjerat mangsanya, dengan menggunakan rahangnya yang kuat, mirip dengan paruh binatang, Cumi-cumi merobek dan menghancurkan mangsanya. Cumi-cumi menghisap air melalui rongga pusat tubuhnya, rongga mantel, dan memaksanya keluar melalui suatu pembuluh yang lentur yang disebut dengan sifon yang terletak tepat di belakang tangan, hal tersebut membuat hewan ini berenang mundur.

Cumi-cumi tidak memiliki kelopak mata, Siripnya merupakan 2 perluasan mantel seperti cuping yang digunakan sebagai kemudi pergerakannya. Sebagian spesies hewan yang memiliki 3 jantung dan berdarah biru ini termasuk hewan golongan invertebrata atau tidak bertulang belakang.

Cumi-cumi yang biasa di konsumsi di Indonesia merupakan spesies Doryteuthis pealeii (Lesueur, 1821). Ukuran Cumi-cumi bervareatif  bergantung spesiesnya, spesies terbesar dari kelompok Cumi-cumi adalah Architeuthis duxi (Steenstrup, 1860) dengan ukuran sekitar 15 hingga 20 meter. Pemangsa ikan dan binatang laut lainnya yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya ini memiliki sekitar 300 spesies yang tersebar di seluruh Dunia.

Berikut beberapa spesies Cumi-cumi
Cumi-cumi Australia Cumi-cumi Australia
Binomial name:
Australiteuthis aldrichi (Lu, 2005)
Spesies Cumi-cumi kecil berukuran rata-rata 25mm yang berasal dari perairan Australia Utara.
Midsize Squid Midsize Squid
Binomial name:
Alloteuthis media (Linnaeus, 1758)
Spesies yang berasal dari Samudera Atlantik Utara bagian timur dan Laut Mediterania ini dapat tumbuh hungga panjang total 20cm.
European Common Squid European Common Squid
Binomial name:
Alloteuthis subulata (Lamarck, 1798)
Spesies Cumi-cumi ini berasal dari Samudra Atlantik timur hingga Afrika Barat Daya, Laut Utara, Laut Baltik barat dan Laut Mediterania. Panjang tubuh maksimal spesies ini mencapai 21 cm dan panjang mantel maksimal 14 cm.
Opalescent Inshore Squid Opalescent Inshore Squid
Binomial name:
Doryteuthis opalescens (Berry, 1911)
Spesies yang mendiami Samudera Pasifik timur dari semenanjung Baja California Meksiko hingga Alaska, Amerika Serikat ini dapat tumbuh hingga panjang total 28cm.
Longfin Inshore Squid Longfin Inshore Squid
Binomial name:
Doryteuthis pealeii (Lesueur, 1821)
Spesies Cumi-cumi ini berasal dari Atlantuk utara dan dapat tumbuh hingga panjang 50cm.
Slender Inshore Squid Slender Inshore Squid
Binomial name:
Doryteuthis plei (Blainville, 1823)
Spesies ini melimpah di pesisir Samudra Atlantik, dari Argentina hingga utara Carolina dam memiliki mantel maksimum 33 sentimeter pada pria dan 22 sentimeter pada wanita.
Veined Squid Veined Squid
Binomial name:
Loligo forbesii (Steenstrup, 1857)
Spesies ini dapat ditemukan di laut sekitar Eropa, jangkauannya membentang melalui Laut Merah menuju pantai Afrika Timur. Cumi-cumi besar yang panjangnya bisa mencapai 90cm ini hidup hingga di 500 meter kedalaman laut.
European Squid European Squid
Binomial name:
Loligo vulgaris (Lamarck, 1798)
Spesies ini ditemukan di seluruh Mediterania dan di Samudra Atlantik timur dari Laut Utara sampai Teluk Guinea, Perairan Inggris, Laut Irlandia, hingga utara Skotlandia dan dapat tumbuh hingga sekitar 30cm.
Atlantic Brief Squid Atlantic Brief Squid
Binomial name:
Lolliguncula brevis (Blainville, 1823)
Spesies ini dapat ditemukan di sepanjang pesisir timur Amerika Serikat sejauh utara Maryland, Argentina, Brasil, Kepulauan Virgin Inggris, Kolombia, Meksiko, Panama, Puerto Riko, Suriname, Trinidad dan Tobago dan Venezuela dengan ukuran rata-rata 10cm.
Bigfin Reef Squid Bigfin Reef Squid
Binomial name:
Sepioteuthis lessoniana (Lesson, 1830–1831)
Spesies Cumi-cumi karang ini ditemukan di daerah beriklim sedang dan tropis di Samudera Hindia dan Samudra Pasifik bagian barat.
Caribbean Reef Squid Caribbean Reef Squid
Binomial name:
Sepioteuthis sepioidea (Blainville, 1823)
Spesies Cumi-cumi yang berasal dari laut karibia ini memilik ukuran hingga sekitar 20cm.
Giant Squid Giant Squid
Binomial name:
Architeuthis duxi (Steenstrup, 1860)
Spesies Cumi-cumi raksasa ini menyebar di lautan seluruh dunia di kedalaman 300 hingga 1000 meter. Mereka dapat tumbuh hingga mencapai 13 meter.
Histioteuthis Bonnellii Histioteuthis Bonnellii
Binomial name:
Histioteuthis bonnellii (FĂ©russac, 1834)
Spesies yang dapat ditemukan di lepas pantai Argentina, Afrika Selatan, dan Laut Tasman ini dapat tumbuh hingga 119cm
Macam Jenis Spesies Cumi-cumi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar