Skip to main content

Nama Ahok Menjadi Nama Cicak Spesies Terbaru, Cnemaspis purnamai

Cnemaspis purnamai merupakan salah satu cicak batu spesies terbaru yang ditemukan di pulau Bangka, Indonesia secara tidak sengaja oleh beberapa orang peneliti LIPI. Setelah Cnemaspis purnamai ditemukan, spesies binatang dari Genus Cnemaspis bertambah menjadi 76 spesies. Semua spesies ini berasal dan hidup di kawasan benua Afrika dan Asia, dengan ciri fisik pada umumnya tidak mempunyai lubang prekloakal, sisik perut berlunas, tidak terdapat lubang femoral dan terdapat benjolan tuberkular mengelilingi ekor membentuk bak cincin.

Nama Ahok Menjadi Nama Cicak Spesies Terbaru, Cnemaspis purnamai
Adalah Amir Hamidy dan Irvan Sidik yang pertamakali menemukan spesies ini yang kemudian melaporkannya kepada Awal Riyanto, yang merupakan seorang peneliti LIPI yang berkonsentrasi pada kelompok cicak / tokek. Terkait penamaannya yang terinspirasi kepada mantan Gubernur DKI tersebut, merupakan salah satu penghargaan terhadap Basuki Tjahaja Purnama yang dinilai sebagai seorang tokoh fenomenal yang berasal dari Bangka Belitung (Babel).

Berikut Klasifikasi Cicak Purnama:
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassReptilia
OrderSquamata
FamilyGekkonidae
SubfamilyGekkoninae
GenusCnemaspis (Strauch, 1887)
SpesiesCnemaspis purnamai (Riyanto, Hamidy dan Sidik, 2017)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar