Ikan Kaca atau Glass Fish, Ikan Hias Kecil Bertubuh Transparan

Ikan Kaca atau Glass Fish, Ikan Hias Kecil Bertubuh Transparan

Gambar Ikan Hias diatas merupakan foto dari ikan spesies ikan kaca atau indian glass fish yang telah di modifikasi dengan warna-warni tertentu oleh manusia dengan cara disuntikkan. Selain ikan kaca, ikan lele transparan atau glass catfish juga memiliki tubuh bagaikan kaca alias ikan yang bertubuh transparan. Beberapa jenis atau spesies ikan yang memiliki tubuh seperti kaca atau transparan antaralain:


1. Ikan Kaca atau Indian Glass Fish

Ikan Kaca atau Indian Glass Fish - ikan hias transparan

Ikan kaca atau indian glass fish adalah salah satu spesies ikan hias kecil yang memiliki tubuh transparan. Ikan kaca atau indian glass fish berasal dari perairan sepanjang India hingga Indonesia. Ikan yang menyukai hidup di air payau ini juga seringkali di temukan di sekitar wilayah Pakistan hingga Malaysia. Tidak sedikit orang menyuntikan cairan warna pada tubuh bagian tertentu pada ikan ini yang dapat membuat ikan tersebut terlihat memiliki warna yang menyala. Ikan yang bisa hidup hingga sekitar 3 tahun ini dapat tumbuh hingga 8cm. Ikan Kaca atau Indian Glass Fish merupakan pemakan krustasea, cacing, serta invertebrata lainnya. Ikan yang kerap dijadikan sebagai ikan hias yang dipelihara di dalam aquarium ini nyaman hidup dalam lingkungan air yang memiliki pH 6.5-7.5 dengan kisaran suhu 20°C hingga 30°C.

Berikut klasifikasi ilmiah ikan kaca atau indian glass fish:
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderPerciformes
FamilyAmbassidae
GenusParambassis
SpeciesP. ranga
Binomial nameParambassis ranga (F. Hamilton, 1822)
SynonymsChanda ranga F. Hamilton, 1822

2. Ikan Lele Transparan atau Glass Catfish

Ikan Lais atau Glass Catfish - lele hias transparan

Ikan Lele Kaca atau Glass Catfish adalah salah satu ikan hias yang memiliki tubuh transparan. Ikan lele kaca atau glass catfish juga sering kali disebut sebagai ikan patin kaca atau lele hantu atau ikan lais. Spesies ikan unik ini berasal dari kawasan Malaysia, Thailand dan Kalimantan, Indonesia. Ikan lele yang memiliki tubuh transparan ini dapat tumbuh hingga panjang sekitar 6,5 cm. Selain di jual di toko akuarium atau toko ikan hias, seringkali spesies ikan di olah menjadi saus ikan. Ikan Lais atau Glass Catfish nyaman hidup dalam ait tawar ber-pH 6,5 dengan suhu air sekitar berkisar 25°C.

Berikut klasifikasi ilmiah ikan lele kaca:
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderSiluriformes
FamilySiluridae
GenusKryptopterus
SpeciesK. vitreolus
Binomial nameKryptopterus vitreolus (Ng and Kottelat, 2013)

Ikan belut transparan - sidat transparan