Ikan Ayam Tanpa Kepala, Sang Monster Lautan Bernama Enypniastes Eximia...

Ikan Ayam tanpa kepala yang bernama Enypniastes eximia sedang menjadi trend berita di beberapa media saat ini. Sebuah kebohongan bila Enypniastes eximia adalah sebuah monster misterius yang menjadi spesies yang baru ditemukan. Namun sebenarnya spesies ini telah teridentifikasi sejak 1882 dan familiar dengan nama Beras merah muda teripang.

Ikan Ayam tanpa kepala yang bernama Enypniastes eximia adalah spesies siput raksasa yang hidup pada kedalam laut antara 500 hingga 5000 meter. Mereka mampu berenang sejauh 1000 meter dalam mencari makanan atau untuk menghindar dari pemangsa. Monster aneh ini memakan lumpur atau sedimen berpasir untuk mendapatkan bahan organik yang terkandung di dasar laut. Ikan Ayam tanpa kepala yang bernama Enypniastes eximia akan menghasilkan bioluminescence di permukaan seluruh tubuh mereka pada saat mendapatkan sebuah ancaman dari predator.

Ikan Ayam Tanpa Kepala, Sang Monster Lautan Bernama Enypniastes Eximia...

Memiliki tubuh transparan berbentuk seekor ayam yang tidak memiliki kepala, maka dari itu hewan unik ini disebut Monster ikan tanpa kepala. Selain Enypniastes eximia, ada 4 spesies lainnya dari Genus Enypniastes. Berikut 5 spesies dari genus enypniastes:
  1. Enypniastes atlanticus (Heding, 1940)
  2. Enypniastes diaphana (Gilchrist, 1920)
  3. Enypniastes ecalcarea (Sluiter, 1901)
  4. Enypniastes obscura (Koehler & Vaney, 1905)
  5. Enypniastes eximia (Théel, 1882)
Berikut klasifikasi ilmiah Enypniastes eximia:
KingdomAnimalia
PhylumEchinodermata
ClassHolothuroidea
OrderElasipodida
FamilyPelagothuriidae
GenusEnypniastes
SpesiesEnypniastes eximia (Théel, 1882)