Skip to main content

Heboh, Penemuan baru Spesies Ikan Aneh

Marina snailfish atau Pseudoliparis swirei adalah salah satu spesies ikan dari keluarga Liparidae bermarga "genus" Pseudoliparis. Spesies ini masih hangat menjadi bahan perbincangan para pakar, peneliti atau pun pecinta dunia ikan, karena selain menjadi spesies ikan yang paling baru ditemukan, Marina Snailfish juga tercatat sebagai spesies ikan yang menghuni laut paling dalam. Lokasi penemuan spesies ikan Marina snailfish berada di 8 km dibawah permukaan laut "endemik" Palung Mariana, sebuah hamparan lautan terdalam di dunia yang terletak di Samudera Pasifik barat. Ikan yang memiliki panjang tubuh tidak lebih dari 20 cm ini memiliki tubuh cenderung transparan.

Heboh, Penemuan baru Spesies Ikan Aneh

Adalah Dr. Mackenzie Gerringer, seorang peneliti dari University of Washington, yang telah lama melakukan penelitian dikawasan tersebut. Gerringer dan tim mengungkap snailfish Mariana sebagai spesies baru berdasarkan analisis terhadap 37 spesimen yang diambil sepanjang 2014-2017.

"Ini adalah ikan terdalam yang telah dikumpulkan dari dasar laut, dan kami sangat senang memiliki nama resmi," kata Dr. Mackenzie Gerringer di hadapan media.

Kekaguman terhadap spesies pemakan krustasea dan udang ini adalah tekanan di kedalaman habitatnya merupakan suatu ketidakmungkinan bagi seekor ikan untuk bertahan hidup. Tekanan di kedalaman tersebut bisa mencapai ratusan kali lipat dibandingkan diatas permukaan. Tekanan besar bisa memicu perubahan reaksi kimia dalam pembentukan protein makanan.

"Mereka tidak terlihat sangat kuat atau kuat untuk hidup di lingkungan yang sangat ekstrem, tapi mereka sangat sukses." Jelas sang penemu.

Berikut Klasifikasi Ilmiah Marina snailfish atau Pseudoliparis swirei:
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Scorpaeniformes
Family: Liparidae
Genus: Pseudoliparis
Species: P. Swirei
Binomial name:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar