Skip to main content

Mengenal Ikan Purba saksi zaman Dinosaurus

Adalah Coelacanth, Ikan yang telah ada sejak ratusan juta tahun yang lalu. Sebelumnya Coelacanth telah dianggap punah pada 65juta tahun lalu sejak akhir masa Cretaceous. Namun ikan yang memiliki 120 spesies ini telah ditemukan kembali pada tahun 1938 di lautan Afrika dan pada tahun 2007 seorang nelayan asal Indonesia telah menangkap salah satu spesies ikan tersebut di lepas pantai Provinsi Sulawesi Utara, Sebelumnya ditemukan juga di Pulau Manado Tua, Sulawesi Utara, pada 30 Juli 1998 dengan ukuran panjang 124 sentimeter dan memiliki berat 29 kilogram.

Ikan Purba saksi zaman Dinosaurus - Coelacanth
Ikan yang berasal dari Afrika dan Indonesia ini memiliki sisik-sisik kasar dan memiliki ekor berbentuk seperti kipas. Di Indonesia ikan Coelacanth dikenal dengan nama Ikan Raja Laut. Coelacanth diperkirakan telah ada sebelum zaman dinosaurus atau telah hidup sejak zaman devonian sekitar 400 juta tahun yang lalu.

Coelacanth yang ditemukan di Indonesia, diabadikan di Gedung Widya Satwaloka, LIPI, Cibinong, Bogor.
Coelacanth Fish yang ditemukan di Afraka.

Berikut Klasifikasi Ilmiah Ikan Coelacanth :
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sarcopterygii
Subkelas: Actinistia
Infrakelas: Coelacanthimorpha
Ordo: Coelacanthiformes (Berg, 1937)

Pada tahun 2002, Program Pelestarian Coelacanth dan Genom Afrika Selatan diluncurkan untuk membantu studi dan konservasi coelacanth lebih lanjut. Program ini berfokus pada konservasi keanekaragaman hayati, biologi evolusioner, pengembangan kapasitas, dan pemahaman masyarakat. Pemerintah Afrika Selatan berkomitmen untuk mengeluarkan banyak anggaran dalam program ini. Pada tahun 2011, rencana untuk Taman Laut Tanga Coelacanth dirancang untuk melestarikan keanekaragaman hayati laut untuk hewan laut termasuk coelacanth. Taman ini dirancang untuk mengurangi kerusakan habitat dan memperbaiki ketersediaan mangsa untuk spesies yang terancam punah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar