Ikan Basslets, Harganya bikin Geleng Kepala

Ikan Basslets adalah spesies - spesies ikan kecil laut yang hidup di samudra barat Atlantik tropis yang berasal dari keluarga Grammatidae. Spesies - spesies ikan ini memiliki varian warna tubuh indah, langka atau bahkan unik yang membuatnya dibanderol dengan harga tinggi, beberapa spesies bisa dihargai hingga puluhan juta untuk dijadikan sebagai ikan hias aquarium air laut.

Salah satu ciri Ikan yang panjang tubuhnya tidak lebih dari 10 cm ini memiliki garis lateral patah - patah atau tidak ada sama sekali. Ikan Basslets memiliki 16 spesies yang berada pada 2 Genera (Gramma dan Lipogramma).

Ikan Basslets, Harganya bikin Geleng Kepala


Berikut Gambar 12 Spesies Ikan Basslets :

Genera Gramma (Poey, 1868)

1. Gramma Brasiliensis (I. Sazima, Gasparini & R. L. Moura, 1998)
Gramma Brasiliensis - Ikan Brazilian Basslet
Gramma Brasiliensis - img : Reefs
Gramma Brasiliensis berasal dari lautan Brazil yang hidup dikedalaman 3 hingga 22 meter. Ikan yang dapat tumbuh maksimal hingga 6,6 cm ini memiliki warna tubuh ungu dari tengah tubuh hingga ujung mulut dan warna kuning dari tengah tubuh hingga ekor. Nama umum dari spesies ini adalah Brazilian Basslet.

2. Gramma Dejongi (Victor & J. E. Randall, 2010)
Gramma Dejongi - Ikan Basstlets
Gramma Dejongi - img : Reefs
Gramma Dejongi berasal dari lautan Kuba yang hidup dikedalaman 20 hingga 30 meter. Ikan yang dapat tumbuh maksimal hingga 4,5 cm ini memiliki warna tubuh kuning terang dengan sirip dada berwarna ungu dan pada sirip punggung terdapat sedikit warna ungu dan hitam.

3. Gramma Linki (Starck & P. L. Colin, 1978)
Gramma Linki - ikan Yellowlined Basslet
Gramma Linki - img : Scott Michael
Gramma Linki berasal dari lautan Puerto Rico yang hidup dikedalaman 27 hingga 130 meter. Ikan yang dapat tumbuh maksimal hingga 7 cm ini memiliki warna tubuh hijau kehitaman serta terdapat garis - garis kuning pada bagian kepala dan terlihat seperti memiliki bintik - bintik berwarna kuning di bagaian tubuhnya. Nama umum dari spesies ini adalah Yellowlined Basslet.

4. Gramma Loreto (Poey, 1868)
Gramma loreto - Ikan Royal Gramma
Gramma loreto - img : Ryan Photographic
Gramma Linki berasal dari Bermuda, Bahama dan Amerika Tengah hungga Amerika Selatan bagian utara. Gramma Linki hidup dikedalaman 1 hingga 60 meter. Ikan yang dapat tumbuh maksimal hingga 8 cm ini memiliki warna tubuh seperti halnya spesies Gramma Brasiliensis atau Brazilian Basslet yaitu ungu dan kuning, namun warna dari Gramma Linki lebih terlihat terang serta terdapat garis berwarna kuning kehitaman dari ujung mulut melintasi matanya hingga ujung tutup sirip. Nama umum dari spesies ini adalah Royal Gramma.

5. Gramma Melacara (J. E. Böhlke & J. E. Randall, 1963)
Gramma Melacara - Ikan Blackcap Basslet
Gramma Melacara - img : Aquarium Warehouse
Gramma Linki berasal dari Hindia Barat, Bahama dan Amerika Tengah dan hidup dikedalaman 10 hingga 180 meter. Ikan yang dapat tumbuh maksimal hingga 10 cm ini memiliki warna tubuh ungu berpadu warna hitam pada bagian kepala atas memanjang hingga ujung sirip punggungnya. Nama umum dari spesies ini adalah Blackcap Basslet.

Genera Lipogramma (J. E. Böhlke, 1960)

6. Lipogramma Anabantoides (J. E. Böhlke, 1960)
Lipogramma Anabantoides - ikan Dusky basslet
Lipogramma Anabantoides - img : biogeodb.stri.si.edu
Lipogramma Anabantoides adalah salah satu spesies ikan basslets yang berasal dari Bahama, Hispaniola, Florida dan Meksiko. Spesies ini hidup berada pada kedalaman laut antara 22 hingga 79 meter, namun spesies ikan ini sangat sulit ditemukan pada saat ini. Ikan yang dapat tumbuh maksimal hingga 1,4 cm ini memiliki warna tubuh Kekuningan dan warna hitam pada ujung sirip -siripnya. Nama umum dari spesies ikan ini adalah Dusky Basslet.

7. Liopropoma Carmabi (Randall, 1963)
Liopropoma Carmabi - Candy Basslet
Liopropoma Carmabi - img : Coral Reef  Photos
Liopropoma Carmabi berasal daru USA dan Bahama hingga Amerika Selatan bagian utara. Ikan unik ini memiliki corak warna tubuh belang horizontal ungu, kuning dan merah dengan ukuran kecil. Ikan yang hidup pada kedalaman laut antara 15 - 70 meter ini dapat tumbuh maksimal hingga 6 cm. Liopropoma Carmabi lebih dikenal dengan nama Candy Basslet.


8. Lipogramma Evides (C. R. Robins & P. L. Colin, 1979)
Lipogramma Evides - ikan Banded basslet
Lipogramma Evides - img : AquaNerd
Lipogramma Evides berasal dari Bahama dan Amerika Tengah, hidup pada kedalaman laut 45 hingga 365 meter. Ikan yang dapat tumbuh maksimal hingga 4 cm ini memiliki warna tubuh belang vertikal hitam putih. Nama umum dari spesies ikan ini adalah Banded Basslet.

9. Lipogramma Flavescens (Gilmore & R. S. Jones, 1988)
Lipogramma Flavescens - ikan Yellow basslet
Lipogramma Flavescens : img : Gilmore
Lipogramma Flavescens adalah salah satu spesies ikan langka dan sulit ditemukan saat ini. Spesies ini berasal dari Bahama yang hidup pada kedalaman laut antara 180 hingga 290 meter. Ikan yang hanya tumbuh maksimal hingga 2,2 cm ini memiliki tubuh berwarna kuning serta terdapat bintik hitam pada bagian punggung belakangnya. Nama umum Lipogramma Flavescens adalah Yellow Basslet.

10. Lipogramma Haberorum (Baldwin, Nonaka & Robertson, 2016)
Lipogramma haberorum - Yellow-banded basslet
Lipogramma Haberorum - img : Smithsonian Insider
Lipogramma Haberorum memiliki warna tubuh kekuningan tipis dan terdapat dua garis vertikal berwarna hitam pada bagian tubuh dan kepalanya, serta terdapat bintik besar berwarnahitam pada bagian punggung hingga sirip punggungnya. Nama umum dari Lipogramma Haberorum adalah Yellow-banded basslet.

11. Lipogramma Klayi (J. E. Randall, 1963)
Lipogramma Klayi - Bicolor Basslet
Lipogramma Klayi - img : Reefs
Lipogramma Klayi berasal dari lautan Bahama dan Amerika Tengah hingga utara Amerika Selatan dan hidup dikedalaman 45 hingga 145 meter. Ikan yang dapat tumbuh maksimal hingga 4 cm ini memiliki tubuh berwarna ungu dan kuning. Nama umum dari spesies ini adalah Bicolor Basslet.

12. Lipogramma Levinsoni (Baldwin, Nonaka & D. R. Robertson, 2016)
Menurut beberapa sumber Lipogramma Levinsoni 99% identik dengan spesies Lipogramma Evides, hanya saja Lipogramma Levinsoni memiliki sedikit ketebalan warna bila dibandingkan dengan Lipogramma Evides secara teliti. Nama umum dari spesies ini adalah Hourglass Basslet.

13. Lipogramma Regia (Robins & P. L. Colin, 1979)
Lipogramma Regia berasal dari lautan Baham dan Puerto Rico. Sedikit informasi yang dapat dipercaya tentang ikan yang hanya maksimal sampai 2,5 cm dan hidup dikedalaman 45 hingga 95 meter ini. Nama umum spesies ini adalah Royal Basslet.

14. Lipogramma Robinsi (Gilmore, 1997)
Lipogramma Robinsi adalah salah satu spesies Ikan Basslets yang berasal dari Bahama. Ikan yang hidup dikedalaman laut antara 180 hingga 290 meter ini hanya tumbuh hingga maksimal 2,2 cm. Nama lain dari Lipogramma Robinsi adalah Yellow-bar Basslet.

15. Lipogramma Rosea (C. R. Gilbert, 1979)
Lipogramma Rosea adalah salah satu spesies Ikan Basslets yang berasal dari Puerto Rico. Ikan yang hidup dikedalaman laut antara 5 hingga 45 meter ini hanya tumbuh hingga maksimal 4,8 cm. Nama lain dari Lipogramma Rosea adalah Rosy Basslet.

16. Lipogramma Trilineata (J. E. Randall, 1963)
Lipogramma Trilineata adalah salah satu spesies Ikan Basslets yang berasal dari USA dan Meksiko. Ikan yang hidup dikedalaman laut antara 9 hingga 95 meter ini hanya tumbuh hingga maksimal 3,5 cm. Nama lain dari Lipogramma Trilineata adalah Three-line Basslet.

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Grammatidae (Jordan & Evermann, 1896)

Semoga secepatnya kami dapat menambahkan informasi lainnya pada Artikel Ikan Basslets ini.