Skip to main content

Asal Usul Belut dan Manfaat dari kandungannya

Belut atau Asian swamp eel adalah ikan yang menyerupai ular yang mampu hidup berbulan - bulan tanpa air "tanah lembab". Ikan yang lebih menyukai hidup di wilayah tropis (suhu) 25°C - 28°C ini banyak menghuni rawa -rawa dan persawahan dan menjadi pemangsa bagi hewan/ikan kecil, cacing, krustasea, dll.


Belut adalah ikan asli dari kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara yang dapat tumbuh maksimal hingga panjang mencapai sekitar 1 meter. Ikan yang tidak memiliki sisik dan sirip "kecuali ekor" ini memiliki tekstur tubuh sangat licin. Belut juga termasuk hermaprodit, dimana pada masa muda belut berjenis kelamin betina. Belut berkembang biak dengan cara bertelur. Kebanyakan belut memijah pada perairan dangkal dimulai dengan jantan yang membangun sarang busa / gelembung udara yang akan digunakan sebagai penyimpanan telur. Semua belut muda yang baru menetas dari telur berjenis kelamin betina, kemudian akan berubah menjadi jantan dalam usia lebih tua.

Belut termasuk ikan yang bernilai ekonomi tinggi, banyak dicari / dibeli karena kaya akan gizi yang banyak bermanfaat bagi kesehatan. Zat - zat yang terkandung dalam ikan belut antara lain asam lemak tak jenuh omega 3 dan Omega 6,  protein, kolesterol, isoleusin, sodium, Vitamin A, C, E, Thiamin, Niacin, Riboflavin, Vitamin B6, Volat, Kalsium, Vitamin B12, Zat Besi, Magnesium fosfor, Selenium dan Zinc.

-. Leusin yang bermanfaat untuk melakukan perombakan dan pembentukan protein otot.
-. Arginin yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara .
-. Zat Besi sangat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah anemia.
-. Fosfor, Tanpa kehadiran fosfor, kalsium tidak dapat membentuk massa tulang.
-. Kaya Vitamin yang baik untuk pemeliharaan sel epitel dan proses metabolisme tubuh.
-. Dan manfaat lainnya seperti dari protein, omega, dll.

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Synbranchiformes
Famili: Synbranchidae
Genus: Monopterus
Spesies: M. albus
Nama binomial: Monopterus albus (Zuiew, 1793)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar