Skip to main content

Mengenal 73 Spesiesnya Ikan Laga (Cupang) Lengkap

Ikan Cupang atau Betta Fish adalah ikan air tawar yang hidup disungai-sungai kecil yang airnya mengalir lambat, dirawa-rawa atau pun digenangan-genangan air. Ikan yang sebagian besar spesiesnya memiliki karakter agresif dalam mempertahankan wilayahnya ini berasal dari negara-negara kawasan Asia tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Brunei. Warna dari ikan cupang bisa berubah dalam kondisi dan suasana hati tertentu.

Mengenal 73 Spesiesnya Ikan Laga (Cupang)
Ikan yang memiliki panjang tubuh dewasa antara 2 sampai 12.5 cm "tergantung spesiesnya" ini memiliki 2 cara dalam berkembang biak. Sebagian spesies ikan cupang berkembang biak dengan cara menyimpan atau mengerami telur-telurnya didalam mulut induk jantan atau disebut Mouth breeder dan sebagian lagi berkembang biak dengan cara Bubble nest, yaitu dengan cara menempatkan telur-telurnya disarang busa "gelembung udara" yang dibuat induk jantan.

Alam habitat ikan cupang - cianjurupdate
Sebagian besar habitat Ikan Cupang

Ikan Cupang termasuk ikan terpopuler di Indonesia, beberapa kalangan menyebutnya sebagai ikan laga (umumnya ditujukan untuk beberapa spesies) dan dikenal umum sebagai ikan aduan atau ikan kuat yang dapat bertahan hidup didalam air bervolume kecil tanpa bantuan sirkulasi udara. Di kalangan pecinta ikan cupang, ikan ini dibedakan menjadi 3 kelompok, antara lain :

1. Ikan Cupang Aduan
ikan petarung-ikan cupang aduan

Cupang aduan yaitu ikan cupang yang banyak dijual di toko-toko ikan hias atau pun para penjual ikan cupang yang dijadikan sebagai ikan cupang aduan. Cupang aduan sering disebut juga ikan petarung. Cupang adauan pada umumnya berasal dari beberapa spesies, antara lain, spesies Betta Splendens, spesies Betta Imbellis, dan spesies Betta Mahachaiensis.

2. Ikan Cupang Hias
Ikan cupang hias cianjurupdate

Cupang Hias yaitu ikan cupang yang dijadikan sebagai ikan cupang kontes dan banyak dijual di toko-toko aquarium atau pun para penjual ikan cupang. Ikan cupang hias berasal dari spesies Betta Splendens yang dikawin silangkan oleh para peternak sehingga memiliki banyak varian warna dan bentuk sirip-siripnya. Hampir semua jenis ikan cupang hias memiliki sirip-sirip panjang.

Berikut jenis-jenis Ikan Cupang hias yang dibedakan dari bentuk sirip-siripnya :
-. Comb tail
-. Crown tail
-. Delta tail
-. Double tail
-. Elephant ear
-. Feather tail
-. Half-moon
-. Half-sun
-. Plakat
-. Over-half-moon or Super Delta tail
-. Rose tail
-. Spade tail
-. Short-finned fighting style
-. Veil tail

Berikut jenis-jenis Ikan Cupang hias yang dibedakan dari pola warnanya :
-. Solid
-. Bi-colour
-. Cambodian
-. Butterfly
-. Marble
-. Piebald
-. Full Mask
-. Dragon
-. Multicolour
-. Pastel

3. Ikan Cupang Alam

Ikan Cupang alam yaitu ikan cupang yang berasal dari habitatnya atau yang hidup dialam liar. Definisi ikan cupang alam umumnya adalah spesies-spesies ikan cupang diluar kelompok (complex) B. splendens complex, dimana B. splendens complex adalah kelompok (complex) dari spesies-spesies cupang aduan dan cupang hias, karena semua cupang aduan dan cupang hias yang dijual dipasaran adalah hasil dari budidaya para peternak dan bukan diambil langsung dari alam atau habitatnya. Meskipun tidak sedikit ikan cupang diluar B. splendens complex dibudidayakan para peternak. Kesimpulannya ikan cupang alam adalah ikan cupang selain cupang aduan dan cupang hias atau bukan hasil kawin silang.

Namun secara ilmiah, ikan cupang dikelompokan menjadi 13 kelompok (complex) dengan 73 spesies. Serta secara ilmiah ikan pemakan zooplankton, nyamuk dan larva serangga lainnya ini masih satu keluarga dengan ikan gurame/gurami/guramy.

Berikut Klasifikasi Ilmiah Ikan Cupang :
Kingdom : Animalia
Subkingdom : Bilateria
Infrakingdom : Deuterostomia
Phylum : Chordata
Subphylum : Vertebrata
Infraphylum : Gnathostomata
Superclass : Osteichthyes
Class : Actinopterygii
Subclass : Neopterygii
Infraclass : Teleostei
Superorder : Acanthopterygii
Order : Perciformes
Suborder : Anabantoidei
Family : Osphronemidae (Bleeker, 1859) giant gouramis
Subfamily : Macropodinae (Liem, 1963)
Genus : Betta (Bleeker, 1850) fighting fishes, bettas

NEXT> Berikut 73 spesies Ikan Cupang yang dibagi 13 kelompok / complex
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar