Skip to main content

Pesona Khas Ikan Cupang asal Brunei

Nama Ilmiahnya adalah Betta Macrostoma, lebih dikenal sebagai Bruney Beauty, namun para pecinta Ikan Cupang di Indonesia menyebutnya Cupang Brunei. Seperti namanya Ikan Cupang ini berasal dari sungai - sungai atau rawa - rawa dikawasan Brunei Darussalam. Ikan ini termasuk ikan yang dilindungi oleh pemerintah Brunei.

Ukuran tubuhnya tidak berbeda jauh dengan Ikan Cupang yang ada dipasaran, namun bentuknya yang agak kurus memanjang, berwarna orange berkolaborasi dengan warna hitan disekitar kepala, sirip dan ekornya. Sama halnya dengan Ikan Cupang yang ada dipasaran, cupang ini pun memiliki sifat agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Pesona Khas Ikan Cupang asal Brunei

Ikan yang dihabitatnya memakan zooplankton, larva serangga, jentik nyamuk dan nyamuk ini berkembang biak dengan cara Mouthbreeder, yaitu mengerami telur - telurnya didalam mulut induk jantan. Berbeda dengan umumnya Ikan Cupang yang ada dipasaran, hampir semua Ikan Cupang yang ada dipasaran (cupang aduan dan cupang hias kontesan) adalah spesies Betta Splendens, dimana Ikan Cupang spesies tersebut termasuk kedalam golongan Ikan Cupang yang berkembang biak dengan cara menyimpan "mengerami" telur - telurnya di sarang busa "gelembung udara".

Klasifikasi Ilmiah Ikan Cupang Brunei adalah sebagai berikut :
* Kingdom: Animalia
* Filum: Chordata
* Kelas: Actinopterygii
* Ordo: Perciformes
* Famili: Osphronemidae
* Genus: Betta
* Spesies: B. macrostoma

Baca Juga: Mengenal Ikan Cupang
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar